Kota JogjaNews

WKSBM Dukung Penuntasan Masalah Kesejahteraan Sosial

0
wksbm kesejahteraan sosial
FOTO : Aldy

STARJOGJA.COM, JOGJA – WKSBM Dukung Penuntasan Masalah Kesejahteraan Sosial. Pembangunan kesejahteraan sosial menjadi tugas bersama antara negara, pemerintah, dan masyarakat. Salah satu upaya untuk meningkatkan Ketahanan Sosial Masyarakat dikembangkan melalui Optimalisasi Peran wahana kesejahteraan sosial berbasis masyarakat (WKSBM).

Rochmat Widayat, Penyuluh Sosial Masyarakat DIY Kapanewon Pathuk Gunungkidul, WKSBM lingkup kerjanya berbasis pada wilayah padukuhan. Selain menyatukan kerukunan warga, WKSBM juga bisa meningkatkan kesejahteraan sosial.

” Peran dari WKSBM adalah mewujudkan kesejahteraan dari, oleh dan untuk masyarakat. WKSBM idealnya harus bisa mengembangkan jejaring dalam penanganan PMKS,” jelasnya saat berbincang di Star Jogja FM.

Sementara itu, Pradah Kalbudi, Penyuluh Sosial Masyarakat dari Playen Gunungkidul mengatakan ada sejumlah Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial yang menjadi perhatian program kerja WKSBM, seperti fakir miskin, lanjut usia terlantar, perempuan rawan sosial ekonomi, anak terlantar ataupun berhadapan hukum serta masalah lainnya.

” Penyelenggaraan kesejahteraan sosial dapat dilakukan secara optimal, apabila masyarakat memiliki kesadaran dan berperan aktif di lingkungan. Di sinilah, pensosmas hadir menjadi penggerak masyarakat untuk peduli mendukung WKSBM,” tuturnya.

WKSBM juga melakukan upaya Menghimpun dana masyarakat untuk kesejahteraan sosial. Bermacam model pengumpulan bantuan dilakukan dengan melihat potensi yang ada di wilayah setempat. Selain itu, juga melaksanakan rujukan bagi mereka yang membutuhkan.

” Dana akan disalurkan kepada mereka yang membutuhkan. Tidak cuman uang, tapi kami berikan juga aneka bantuan yang sesuai kebutuhan. Semua bantuan itu kami laporkan secara transparan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Vaksinasi Influenza Bermanfaat di Tengah Pandemi

Previous article

Tim Gabungan Gelar Sterilisasi JJLS

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja