Health

Libur Lebaran, Dinkes DIY Waspada Klaster Keluarga

0
teladan orang tua
ilustrasi keluarga(ist)

STARJOGJA.COM, Info – Masa libur Lebaran 2021 ini Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogtakarta mengimbau masyarakat untuk mewaspadai munculnya klaster penularan COVID-19 di lingkungan keluarga.

“Ini mau masa liburan, mau hari raya. Jangan sampai ada klaster keluarga karena memang sekarang klaster penularan COVID-19 sudah mulai klaster keluarga,” kata Kepala Dinkes DIY Pembajun Setyaningastutie di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta, Senin.

Pembajun mengatakan jika dahulu klaster penularan COVID-19 muncul dari komunitas, saat ini klaster penularan di lingkungan keluarga mulai banyak ditemukan.

Baca juga : Klaster Covid-19 di Ponpes Nurul Quran Kulon Progo Jadi 68 Kasus

Salah satu penyebabnya, menurut dia, adalah rendahnya penerapan protokol kesehatan ketika berada di lingkungan keluarga.

“Nah besok kebayang kan kalau hari raya (Idul Fitri) masih ada saja yang mudik. Kan kalau di keluarga kita sering lupa masker tidak dipakai atau sengaja tidak dipakai,” kata dia.

Semestinya, kata dia, setiap warga yang datang dari luar kota tetap memakai masker ketika berada di lingkungan keluarga atau warga yang didatangi, minimal tiga hari.

Oleh sebab itu, untuk mengurangi potensi penularan kasus COVID-19 menjelang libur lebaran, ia mendorong agar vaksinasi para lansia dipercepat.

“Bagaimana caranya lansia harus segera cepat divaksin karena memang tidak ada pilihan lansia itu sangat rentan (tertular COVID-19),” kata dia.

 

Sumber : Antara

Dapat Hadiah, Waspada dengan Penipuan Undian Berhadiah

Previous article

Stok Darah di PMI Gunungkidul Mulai Menipis

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health