Kota JogjaNews

Pensosmas Jadi Tulang Punggung Penyelesaian Masalah Sosial

0

STARJOGJA.COM, JOGJA – Penyuluh Sosial Masyarakat (Pensosmas) menjadi tulang punggung dalam menyelesaikan masalah sosial di tingkat paling bawah. Karena langsung bersentuhan dengan masyarakat, mereka bisa mengetahui secara langsung aneka masalah kesejahteraan sosial.

Pensosmas Kapanewon Semin, Gunungkidul Sukiyati mengatakan peran Penyuluh Sosial Masyarakat (Pensosmas) bisa maksimal dalam memberikan pendampingan ke masyarakat.

“Saya yakin permasalahan sosial di wilayah dasar tidak perlu menuggu bantuan datang tapi WKSBM bisa memberikan layanan di tingkat dasar dari permasalahan dengan skup kecil,” katanya di Bincang Special di 101,3 Star FM.

Ia juga mengatakan Salah satu upaya untuk meningkatkan Ketahanan Sosial Masyarakat dikembangkan melalui Optimalisasi Peran wahana kesejahteraan sosial berbasis masyarakat (WKSBM). Menurutnya, erjasama antar perangkat pelayanan sosial diakar rumput sangat penting dengan membentuk Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM).

Sementara itu, Pensosmas Kapanewon Karangmojo, Gunungkidul Sutarti mengatakan dalam menyelesaikan masalah sosial diperlukan juga dana untuk membantu warga. Dana itu dikumpulkan dari penggalanagan dana seperti dari pertemuan RT, PKK dari warga.

Bantuan itu diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan atau yang sedang mengalami masalah sosial. Bantuan diberikan tidak berupa makanan tapi juga bisa dalam bentuk lain.

“Ada lansia, warga terlantar, difabel, anak yatim piatu, anak usia sekolah kita kasih alat sekolah. Kita urus BPJS juga pernah kita bantu,” katanya.

Dua Perusahaan di Kabupaten Kulon Progo Ajukan Keringanan THR

Previous article

Bea Cukai Yogyakarta Gempur Rokok Ilegal

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja