Health

Minuman yang Membuat Efek Buruk untuk Ginjal

0
minuman efek buruk untuk ginjal
konsumsi minuman soda

STARJOGJA.COM, Info – Tidak jarang ketika meminum minuman populer ini setiap hari ternyata memiliki efek samping yang buruk untuk ginjal. Lama-kelamaan, ginjal mengalami kerusakan dan fungsinya tak lagi optimal. Dilansir dari eatthis.com, Rabu (28/4/2021), inilah empat minuman populer yang bisa merusak ginjal.

1. Soda

Jika ingin melindungi kesehatan ginjal, mulailah mengurangi minuman bersoda mulai dari sekarang. Sebuah studi pada 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Nephrology menemukan bahwa orang yang sering minum soda memiliki risiko lebih besar terkena penyakit ginjal. Temuan lain dalam penelitian di jurnal Epidemiology menemukan bahwa orang yang melaporkan konsumsi harian dua atau lebih cola – yang biasanya mengandung asam fosfat – berisiko lebih tinggi terkena penyakit ginjal kronis daripada mereka yang menghindari minuman tersebut.

Baca Juga : Yuk Bikin Minuman Buka Puasa Ala Korea Selatan

2 Soda diet

Minum soda diet yang menggunakan pemanis buatan mungkin tidak lebih baik kesehatan ginjal, meski kadar gula atau sirop jagung fruktosa lebih rendah. Menurut sebuah studi di 2011 yang diterbitkan dalam Clinical Journal of American Society of Nephrology, di antara 3.318 peserta wanita dalam Nurses ‘Health Study, mereka yang minum dua atau lebih soda dengan pemanis buatan sehari dua kali lebih mungkin mengalami penurunan fungsi ginjal dibandingkan mereka yang tidak.

3. Jus kemasan

Dengan kandungan gula dan kalori tinggi, jus kemasan bukanlah minuman yang bersahabat untuk lingkar pinggang atau ginjal. Jus kemasan biasanya mengandung gula tinggi. Di antara peserta studi Tehran Lipid dan Glukosa, orang yang minum minuman manis memiliki tingkat penyakit ginjal kronis yang lebih tinggi secara signifikan daripada mereka yang jarang minum minuman manis.

4. Alkohol

Orang yang sering minum alkohol tak hanya berisiko tinggi mengalami kerusakan hati. Sebuah studi komparatif yang diterbitkan dalam jurnal Nephrology Dialysis Transplantation menemukan bahwa, di antara sekelompok 6.259 orang dewasa, mereka yang mengaku sebagai peminum berat memiliki tingkat albuminuria yang jauh lebih tinggi. Ini merupakan indikator kandungan protein albumin dalam urin dan tanda penyakit ginjal

Sumber : Bisnis

Bayu

Cek Bau Mulut, Waspada Gejala Diabetes Tipe 2

Previous article

Jelang Ramadan dan Lebaran BBPOM Yogyakarta Intens Operasi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health