Nusantara

Mudik ke Boyolali Dikarantina di Lokasi Angker

0
mudik boyolali
rumah angker boyolali (ist)

STARJOGJA.COM, Info – Mencegah penularan virus corona (Covid-19) di wilayah Boyolali, maka pemerintah daerah melarang masyarakat Boyolali yang merantau agar tidak mudik, bila kedapatan mudik maka akan dikarantina di lokasi angker. Bupati Boyolali, M. Said Hidayat menegaskan agar perangkat desa seperti RT dan RW untuk ikut menghalau pemudik dari luar daerah.

Tujuannya, untuk memutus rantai penularan virus corona di masa pandemi.

“Bukan berarti keluarga atau pemerintah ini menolak untuk kedatangan saudara-saudaranya, tetapi di tengah-tengah situasi pandemi ini, akan jauh lebih baik terbangun kesadaran dari ruang lingkup masyarakat untuk membantu pemerintah mengkomunikasikan,” jelas Said baru-baru ini.

Baca Juga : Nekat Mudik, Pemerintah Desa di Boyolali Siapkan Rumah Angker

Said menuturkan bahwa pihaknya tidak akan melakukan penjemputan paksa atau karantina bagi pemudik yang sudah terlanjur pulang. Namun, pihaknya akan melakukan karantina bagi pemudik.

“Tidak perlu sekeras itu, yang terpenting dalam waktu yang masih agak lama ini dapat membangun kesadaran masyarakat untuk mengikuti saran dari Pemerintah Pusat untuk tidak melaksanakan mudik dulu di lebaran tahun ini,” jelasnya.

Namun, bila ada masyarakat yang mudik, maka pemerintah akan melakukan cara unik, seperti yang dilakukan di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ampel. Di wilayah tersebut, warga perantauan yang kedapatan pulang kampung bakal dikarantina di lokasi khusus.

Bukan sembarang lokasi, masyarakat telah menyiapkan sebuah ruangan kosong di kawasan sendang desa yang terletak di Dukuh PIji. Meskipun ruangan tersebut layak untuk digunakan, namun masyarakat setempat meyakini kalau lokasi tersebut merupakan tempat yang angker. Mohammad Sawali, Kepala Desa Sidomulyo, menjelaskan bahwa langkah tersebut dilakukan untuk mengevaluasi kejadian di Lebaran tahun lalu. Pasalnya, warga desanya merupakan pasien pertama yang terkonfirmasi Covid-19 di Kecamatan Ampel.

“Di situlah muncul pelajaran yang sangat berharga untuk kita. Sehingga kita lebih giat untuk mengantisipasi biar sesuatu yang berakibat fatal itu tidak kembali datang,” jelasnya.

Sawali berharap agar para perantau di luar daerah dapat mengurungkan niatnya untuk mudik saat libur Lebaran nanti. Terlebih dengan ancaman karantina di tempat angker tersebut.

“Toh silaturahmi sekarang kan bisa melalui video call dan lain sebagainya,” tambahnya.

 

Sumber : Bisnis

Wisman Bebas Masuk, Asita Pertanyakan Penerapan Protokol di Riau

Previous article

Tetap Disiplin Prokes Meski Sudah Divaksin

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Nusantara