News

Kondisi Pasar Beringharjo Jelang Lebaran

0
pasar digital Beringharjo

STARJOGJA.COM, Info – Jelang Lebaran tahun ini, jumlah pengunjung Pasar Beringharjo terpantau normal, khususnya di lantai satu yang menjual batik. Jumlah pengunjung ini cenderung sama dengan hari-hari biasa. Tidak terpantau ada kerumunan yang besar di beberapa titik.

Peningkatan terpantau di lantai dua, tempat penjualan mayoritas baju-baju non batik. Meskipun peningkatannya tidak signifikan, dibanding hari-hari biasa ada sedikit penambahan pengunjung.

Menurut Kepala Bidang Pasar Rakyat Dinas Perdagangan Kota Jogja, Gunawan Nugroho Utomo, dalam pantauannya ada kecenderungan peningkatan jumlah pengunjung jelang lebaran di Pasar Beringharjo dibandingkan hari-hari biasa. Meskipun terpantau ramai, arus keluar masuk kendaraan masih lancar.

BACA JUGA: PJSP QRIS Pasar Beringharjo Dukung Tercapainya 12 Juta Merchant QRIS

“Sampai Sabtu (8/5/2021) kemarin kami pantau masih belum overload kapasitas Beringharjo,” kata Gunawan, Minggu (9/5/2021). “Kalau sebelum pandemi, antrian parkir panjang sampai harus dibuat skema buka tutup parkiran kami, kalau saat ini masih ramai lancar.”

Menjelang Idul Fitri 2021, Dinas Perdagangan Kota Jogja menambah 30 personil untuk menjaga keamanan dan ketertiban (kamtib) pasar-pasar. Menurut Kepala Dinas Perdagangan Kota Jogja, Yunianto Dwisutono, tambahan personil ini nantinya akan difokuskan di pasar-pasar besar, salah duanya Pasar Beringharjo dan Pasar Prawirotaman.

Sebelum adanya penambahan, Yunianto merasa jumlah personil yang ada masih kurang. “Sebelumnya memang kami optimalkan yang ada karena [jumlahnya] belum memenuhi, kamtib tugasnya belum di jam kerja. Sekarang sudah sesuai dengan jam kerja,” kata Yunianto.

Di Pasar Beringharjo, khususnya bagian Barat, pengunjung mulai ramai di kios-kios penjual pakaian. “[Kios] baju dan alat ibadah kami cermati, tapi ya itu yang saya lihat lebih ke masyarakat lokal. Dari rombongan yang ada ini masyarakat lokal yang berkunjung ada peningkatan,” kata Yunianto.

Sementara untuk pusat perbelanjaan modern di Ramayana dan Malioboro Mall, terpantau adanya peningkatan pengunjung. Namun jumlah ini masih terpantau normal, belum sampai menciptakan kerumunan yang besar. Pengunjung kebanyakan berada di toko-toko pakaian.

Sumber : Bisnis.com

Tips Meningkatkan Produktivitas di Tempat Kerja dari Elon Musk

Previous article

Alya Lawindo, Remaja Minang yang Jadi Guru Ngaji di AS

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News