Kab GunungkidulNews

Antisipasi Macet, Polisi Siapkan Rekayasa Jalur ke Pantai

0
rekayasa jalur pantai
Foto : Pantai Krakal ( harianjogja)

STARJOGJA.COM. GUNUNGKIDUL  – Antisipasi Macet, Polisi Siapkan Rekayasa di Jalur ke Pantai. Libur lebaran diprediksi akan ada lonjakan pengunjung ke kawasan pantai. Jajaran Satlantas Polres Gunungkidul menyiapkan rekayasa arus lalu lintas jalur menuju pantai.

Kasatlantas Polres Gunungkidul, AKP Martinus Givriyanto Sakti mengatakan, lonjakan pengunjung wisata akan memberikan dampak terhadap peningkatan laju kendaraan. Oleh karenanya, untuk antisipasi sudah menyiapkan beberapa skenario.

Selain mendirikan pos pengawasan dan pemantauan di kawasan pantai, lanjut dia, juga disiapkan opsi rekasaya arus lalu lintas. Menurut dia, rekayasa ini bersifat situasional dengan melihat laju kendaraan.

“Ya kalau normal, rekaysa arus tidak dilakukan. Namun, apabila adanya kepadatan arus maka rekasaya akan diterapkan,” katanya, kemarin.

Martinus menjelaskan, upaya pemantauan sudah dilakukan sejak dari simpang tiga Mulo, Kapanewon Wonosari. Apabila ada kepadatan arus maka jalur akan dibuat searah menuju pantai. Untuk akses keluar akan memanfaatkan jalur di kawasan Tepus dan Jalur Jalan Lintas Selatan.

“Jadi kalau padat. Pengendara tidak bisa keluar dari pos utama penarikan retribusi Baron. Tapi, keluarnya akan diarahkan ke JJLS atau lewat pos retribusi di Kapanewon Tepus,” katanya.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II DIY, Marjono mengatakan, kawasan pantai sudah mulai dikunjungi wisatawan. Meski demikian, jumlahnya belum signifikan sehingga kondisinya masih relatif terkendali.

“Ya kalau dibandingkan dengan kemarin [Kamis 13/5], sudah ramai sekarang. Tapi, kondisinya juga belum ada lonjakan yang signifikan,” katanya.

SUMBER : HARIAN JOGJA/David Kurniawan

Merapi Luncurkan Lava Pijar Sejauh 1.400 meter

Previous article

Spanyol Izinkan Maksimum 5.000 Penonton di Stadion

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *