Flash InfoLifestyle

Ini 9 Oleh-oleh Khas Pekanbaru

0
bolu kemojo
FOTO : cookpad

STARJOGJA.COM, INFO – Berwisata tak lengkap rasanya jika tak membeli oleh-oleh ketika hendak pulang. Tak terkecuali saat main ke Pekanbaru. Anda akan merasa hampa jika buah tangan tak Anda bawa serta begitu sampai di rumah. Nah itu sebabnya, untuk Anda yang ke Pekanbaru, ini referensi oleh-oleh yang bisa Anda beli untuk dibawa pulang.

1. Bolu Kemojo

Oleh-oleh yang satu ini memang khas Pekanbaru. Bolu Kemojo. Sejenis makanan yang khas dari daerah Melayu. Anda dapat menjumpainya dengan mudah di berbagai tempat di Pekanbaru. Sensasi teksturnya yang lembut, berpadu dengan rasanya yang enak, serta aroma pandannya yang kuat menjadikannya tak heran jika bolu ini disukai banyak orang.

Bolu kemojo mulai populer 15 tahun yang lalu. Selain rasa pandannya yang original, kini bisa dibeli juga aneka variannya. Dari mulai yang rasa rempah, rasa kacang hijau, rasa kentang, rasa nangka, rasa gula merah, rasa labu kuning, hingga rasa keju. Yang menjadikannya wajib sebagai oleh-oleh, selain rasanya juga karena harganya yang murah. Per bungkusnya bsa Anda beli dengan merogoh dompet sekitar 20 ribu saja.

2. Batik

Tak hanya Jawa yang punya budaya batik. Pekanbaru pun punya. Motifnya juga tak kalah unik. Yakni gambar yang berupa tumbuhan, misalnya saja eperti bunga klambang, juga bunga ketumbang, atau berbagai jenis bunga yang lainnya.

Yang khas dari batik Pekanbaru adalah cara menggambarnya. Yakni secara diagonal serta vertikal. Tak boleh ada teknik gambar secara horisontal. Dan ini yang jadi pembeda batik Pekanbaru dan batik daerah lain.

3. Kaos

Oleh-oleh paling populer di setiap tempat pasti salah satunya adalah kaos. Biasanya kaos yang bertuliskan atau bergambarkan hal-hal ikonik di tempat tersebut. Nah di Pekanbaru pun sama.Anda bisa beli oleh-oleh kaos dari merk yang populer di Pekanbaru, contonya plat BM 1912. Kualitasnya bagus, keren-keren, dengan harga yang terjangkau.

4. Lempuk Durian

Kita bisa menyebut Lempuk Durian sebagai dodol durian. Sebab memang penganan yang satu ini dibuat dengan cara mengolah durian. Berbahan utama durian dengan tambahan gula. Teksturnya juga mirip, yaitu liat-liat seperti dodol.

Lempuk durian dari Bengkalis adalah yang paling banyak direkomendasikan. Bengkalis sebagai kota paling banyak dalam hal menghasilkan durian membuat produk lempuk duriannya terasa asli. Tidak banyak campuran bahan lainnya. Karena hal ini, lempuk durian khas Bengkalis sangat recommended untuk jadi oleh-oleh yang harus dibawa pulang.

5. Pancake Durian

Makanan yang satu ini juga berbahan dasar durian. Pekanbaru yang memang banyak menghasilkan durian membuat berbagai macam makanan banyak yang mengolah durian. Rasanya sangatlah lezat dengan tekstur yang lembut. Sebab duriannya dihaluskan terlebih dahulu. Bawa makanan yang satu ini juga ya sebagai oleh-oleh. Orang-orang rumah pasti menyukainya.

6. Souvenir

Oleh-oleh yang paling gampang dibawa pulang adalah souvenir. Ukurannya yang kecil serta harganya yang biasanya terjangkau membuat kita lebih praktis membeli souvenir sebagai oleh-oleh. Gantungan kunci, kemudian juga penutup magnet yang bertuliskan atau bergambarkan hal-hal yang berbau Pekanbaru, bisa jadi souvenir Anda untuk saudara atau teman-teman Anda.

7. Keripik Nanas

Pekanbaru juga menghasilkan nanas yang banyak. Itu sebabnya, banyak produsen makanan yang mengolah nanas menjadi makanan lain yang bernilai lebih. Misalnya saja keripik nanas. Rasanya yang asam bercampur manis membuat keripik nanas mudah disukai siapa saja.

8. Dodol Kedondong

Ini yang unik dari Pekanbaru. Jika kedondong biasanya digunakan sebagai salah satu bahan rujak, nah di Pekanbaru, kedondong menjadi bahan dodol. Tentunya, buah ini diolah setelah sebelumnya disisihkan dari bijinya yang penuh serat. Dengan penambahan gula dan pemrosesan pemanasan di wadah yang besar, buah kedondong pun berubah menjadi dodol kedondong. Rasanya yang asam manis sangatlah unik. Dan pasti, banyak orang akan menyukainya.

9. Viz Cake

Anda tahu Viz Cake? Mungkin ada yang kenal dan ada yang tidak. Viz Cake sebenarnya adalah sebuah toko roti. Produknya yang terkenal adalah bolu, yakni bolu durian keju. Lagi-lagi ya, durian Pekanbaru diolah menjadi makanan lain yang memiliki nilai yang lebih. Tentu saja dengan penambahan keju ke dalamnya. Jadinya, bolu keju durian ini tak terlalu menyengat aromanya. Yang ada adalah lezat dan legit. Pastikan bolu ini juga masuk ke dalam daftar oleh-oleh yang harus dibeli saat ke Pekanbaru, ya. Rasa istimewanya akan sangat sayang untuk dilewatkan.

Itu dia 9 oleh-oleh khas Pekanbaru yang wajib Anda tahu. Pastikan salah satu, atau kesemuanya masuk ke dalam hal yang harus Anda bawa pulang dari Pekanbaru. Anda yang hendak ke Pekanbaru dalam waktu dekat, cek Traveloka safe travel dulu, ya. Pembaharuan-pembaharuan di dalamnya penting sekali untuk Anda. Demi kenyamanan, keamanan, serta keselamatan bersama. Taat protokol kesehatan di mana pun Anda berada.

Libur Lebaran Sepi, Omzet Pedagang Malioboro Ambyar

Previous article

Pengemudi Perahu & Pemilik Warung Kedungombo Tersangka

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info