Kab SlemanNews

Asrama Haji Disiapkan Tampung Lonjakan Kasus Covid

0
penularan virus Covid-19
SUMBER : freepick

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Asrama Haji Disiapkan untuk Tampung Lonjakan Kasus Covid. Dinas Kesehatan Sleman menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi lonjakan kasus baru Covid-19 setelah libur lebaran pekan lalu. Selain mengaktifkan kembali Asrama Haji sebagi selter, Dinkes juga menyiapkan beroperasinya Fasilitas Kesehatan Darurat Covid-19 (FKDC) di Moyudan.

Kepala Dinkes Sleman Joko Hastaryo menjelaskan, pengaktifan kembali Asrama Haji dilakukan setelah sejumlah ruangan di gedung tersebut selesai direnovasi. Meskipun tidak berharap adanya lonjakan kasus baru Covid-19, namun menurut Joko Gedung tersebut sudah siap dijadikan lokasi selter isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 tanpa gejala.

“Asrama Haji bisa digunakan kembali mulai 20 Mei besok. Ini salah satu langkah antisipasi yang kami lakukan jika terjadi lonjakan kasus,” kata Joko, Selasa (18/5/2021).

Selain Asrama Haji, kata Joko, pengoperasian FKDC di Moyudan juga sudah disiapkan jika kasus baru Covid-19 terjadi pascaliburan lebaran di Sleman meningkat drastis. FKDC di Moyudan ini awalnya merupakan klinik swasta yang sudah berhenti beroperasi akibat pandemi Covid-19.

Klinik tersebut disewa oleh Pemkab untuk melayani pasien Covid-19 khusus persalinan. Rencananya terdapat 20 bed yang disiapkan. “Ya nanti bisa separuh untuk ibu melahirkan dan sisanya untuk pasien Covid-19 lainnya. Tapi diutamakan bagi persalinan pasien Covid-19,” kata Joko.

Di luar itu, kata Joko, di Sleman juga mengoperasikan fasilitas untuk melayani pasien Covid-19. Seperti Rusunawa Gemawang, Asrama Unisa Yogyakarta, dan puluhan selter yang berada di 37 kalurahan.

“Efek libur lebaran baru akan terlihat dalam dua hingga tiga hari ke depan. Mudah-mudahan sih tidak melonjak lagi,” katanya.

SUMBER : Harian Jogja

Ini Cara Atasi Menstruasi Tidak Teratur

Previous article

Serangan Ransomware Landa Empat Negara di Asia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman