Culinary

7 Makanan Khas Yogyakarta Paling Populer yang Wajib Dicoba

0
Gudeg Yu Narni

STARJOGJA.COM, Info – Yogyakarta merupakan salah satu kota tujuan wisata terfavorit dan terpopuler di Indonesia. Pilihan wisatanya yang beragam dan juga kulinernya yang nikmat menjadi salah satu daya tarik utama wisata di kota ini.

Selain itu Yogyakarta juga sangat mudah dicapai dengan berbagai jenis transportasi. misalnya bus atau travel. Jika kamu lebih suka naik travel untuk liburan, kamu bisa pilih naik travel Joglosemar yang sangat populer di kawasan ini.

Nah, jika kamu termasuk yang sangat ingin wisata kuliner di Yogyakarta, pastikan kamu tidak melewatkan kesempatan mencicipi 7 makanan khas Yogyakarta yang populer berikut ini ya!

1. Gudeg

Makanan khas Yogyakarta ini tentunya tidak asing di telinga bukan? Ya, jika berbicara soal kuliner Jogja tentu tidak bisa melewatkan Gudeg yang fenomenal ini. Makanan yang terbuat nangka muda yang dimasak dengan santan ini memiliki warna coklat yang khas dan rasa yang ngangenin.

Satu porsi gudeg biasanya terdiri dari nasi yang disiram gudeg, telur, ayam kampung, tahu dan juga sambal goreng krecek. Ada banyak sekali tempat makan gudeg legendaris dan populer di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi.

Oh ya, kamu juga bisa menemukan gudeg di kota lain di Jawa Tengah seperti Semarang dan Solo. Tapi gudeg Yogyakarta punya cita rasa khas dan lebih kering sehingga lebih tahan lama.

Baca juga : Aktivitas Menyenangkan di Sekitar Candi Borobudur

2. Oseng-oseng Mercon

Jika gudeg memiliki citarasa yang manis dan gurih, nah makanan yang satu ini cocok untuk kamu yang suka makanan pedas.

Oseng-oseng mercon terbuat dari tetelan daging sapi, seperti koyor, kikil, usus dan ati ampela yang dimasak dengan cabai rawit dalam jumlah banyak. Tak heran makanan khas Yogyakarta diberi embel-embel ‘mercon’ yang merujuk pada rasanya yang pedas nampol.

Jika kamu ingin mencoba oseng-oseng mercon yang legendaris, kamu bisa mampir ke oseng mercon Bu Narti yang sudah buka sejak tahun 1977 dan merupakan penjual oseng mercon pertama di Yogyakarta.

3. Sate Klathak

Jika kamu pecinta sate, jangan sampai tidak mencicipi Sate Klathak ya. Sate yang terbuat dari daging kambing muda ini sedikit berbeda dari sate pada umumnya.

Jika sate biasanya ditusuk menggunakan bambu yang berbentuk lidi, namun sate ini ditusuk dengan rapi menggunakan besi. Satu porsi sate klathak biasanya disajikan dengan siraman kuah gulai yang gurih.

4. Tongseng Petir

Makanan khas Yogyakarta yang satu ini cocok untuk kamu pecinta kuliner pedas. Tongseng petir ini terlihat seperti tongseng pada biasanya, menggunakan daging kambing dengan bumbu khas. Namun yang membedakannya adalah bumbu pedas yang membuat menu ini terasa spesial.

Kamu bisa mampir ke Sate Petir Pak Nano yang ada di Bantul, Yogyakarta untuk mencicipi menu yang khas ini.

5. Mie Nyemek

Mie khas Yogyakarta yang satu ini memiliki rasa yang begitu spesial meski menggunakan mie instan sebagai bahan dasarnya. Disebut mie nyemek karena telur yang dicampurkan ke makanan ini dicampur dan diaduk bersamaan dengan kuah dan juga mie sehingga menyatu dengan sempurna.

Selain telur, mie nyemek ini juga dimasak menggunakan bumbu spesial dan juga tambahan sayur sawi yang membuatnya semakin enak. Makanan murah meriah ini juga punya level pedas yang bisa diminta ke penjual saat memesan.

Salah satu tempat makan mie nyemek yang paling populer di Yogyakarta adalah Mie Nyemek Bu Siti yang sudah berdiri sejak tahun 2002.

6. Sate Koyor

Jika biasanya sate menggunakan daging, namun sate koyor khas Yogyakarta ini menggunakan lemak dan urat sapi.

Makanan ini dulunya muncul karena banyak orang yang tidak sanggup membeli daging dan hanya para bangsawan yang biasa membelinya.

Sate ini terdiri dari lemak dan urat sapi yang dipotong-potong lalu ditusuk ke tusukan sate dan dibumbui seperti sate pada biasanya lalu dibakar. Meski terlihat sederhana, namun rasa sate ini sangat lezat lho!

7. Bakpia Pathuk

Makanan khas Yogyakarta lainnya yang harus kamu coba adalah bakpia yang menjadi salah satu oleh-oleh khas Yogyakarta yang bisa dibawa pulang untuk keluarga dan teman. Salah satu bakpia yang terkenal dan legendaris di Yogyakarta adalah bakpia Pathuk.

Bakpia merupakan kue berbentuk bulat pipih dengan bagian luar yang terasa gurih dengan isian kacang hijau yang varian klasik. Saat ini sudah ada banyak varian isian bakpia yang tersedia, seperti coklat, keju, kacang merah hingga durian.

Sudah tak sabar wisata kuliner di Yogyakarta? Segera rencanakan liburan kamu dari sekarang dan pesan tiket travel Joglosemar dengan mudah di Traveloka untuk wujudkan keinginan menikmati makanan khas Yogyakarta langsung di tempat asalnya.

SD di Kulonprogo Hari Ini Menjalani ASPD

Previous article

Zona Merah, Dua Objek Wisata di Jogja Ditutup

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary