Kab Bantul

Puluhan Warga Kutu Bantul Positif Covid-19

0
selter covid-19
SUMBER : freepick

STARJOGJA.COM, Info – Puluhan warga Padukuhan Kembangan Kutu, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul, positif Covid-19. Saat ini mereka menjalani perawatan di rumah sakit rujukan Covid-19 dan selter kabupaten serta selter kalurahan.

Dukuh Kembangan Kutu, Wagino, mengatakan virus Corona menginfeksi puluhan warga berawal dari salah satu penduduk RT07, Mbah Cipto, yang memeriksakan diri ke RS PKU Muhammadiyah Bantul, saat Lebaran 2021. Mbah Cipto dinyatakan positif Covid-19 dan harus menjalani perawatan di rumah sakit tersebut.

BACA JUGA: Kasus Positif Covid-19 Wirobrajan Kian Meluas

Satgas kalurahan setempat kemudian menelusuri istri, anak, pembantu, dan karyawan. Hasilnya, 13 orang yang sempat kontak dengan Mbah Cipto positif Covid-19.

“Jadi total semuanya ada 14 orang, termasuk Mbah Cipto,” kata Wagino, Senin (24/5/2021).‎

Di waktu bersamaan, kata Wagino, salah satu warga di RT 06 yakni Samijan yang memeriksakan diri ke rumah sakit, dinyatakan positif. Satgas kalurahan pun menelurusi anak, istri dan cucunya. Hasilnya, tujuh orang yang kontak erat dengan Samijan dinyatakan positif Covid-19.

Wagino memperkirakan jumlah orang terpapar Covid-19 dari hasil kontak dengan Mbah Cipto bertambah. Sebab, Mbah Cipto sempat berkontak dengan warga di padukuhan lainnya, yakni Kraton, Kalurahan Mulyodadi. Sementara, di antara warga di Kraton yang berkontak dengan Mbah Cipto, ada yang menolak dites swab.

“Inilah yang jadi perhatian kami. Ada yang menolak tes swab, padahal gratis,” paparnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bantul Sri Wahyu Joko Santosa mengaku belum bisa menyebut ada klaster di Kembangan Kutu.

“Sebab, sumber penularannya sendiri-sendiri,” kata Oki, panggilan akrab Sri Wahyu Joko Santosa.

Oki juga menyebut sampai saat ini belum menemukan adanya Covid-19 varian baru di Bantul. Hal ini didasarkan dari laporan laboratorium UGM.

“Belum ada laporan dari laboratorium Mikro UGM yang ada di Bantul,” ucapnya.

Sementara, meningkatnya angka pasien positif Covid-19 di Bantul membuat kondisi selter milik pemkab nyaris penuh. Oki meminta agar selter di tiap kalurahan bersiap menerima pasien positif Covid-19 yang tidak bergejala. Pasien dengan gejala akan dirawat di rumah sakit lapangan atau rumah sakit rujukan Covid-19.

“Kami minta selter kalurahan bersiap,” ucapnya.

Sumber : Bisnis

Varian Baru B1617, RSUD Cilacap Berencana Menutup Layanan

Previous article

Vaksin Pfizer dan AstraZeneca Efektif Melawan Covid-19 asal India

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul