Flash InfoLifestyle

Kisah Cinta Lewat Jendela Kaca Lansia Spanyol

0
jendela kaca

STARJOGJA.COM. INFO – Sejak pandemi melanda Spanyol, sepasang suami-istri lanjut usia terpisahkan oleh sebuah jendela kaca. Berikut, adalah kisah pasangan Xavier Anto dan Carmen Panzano.

Ini merupakan perpisahan berkepanjangan mereka yang pertama dalam usia pernikahan mereka yang kini telah memasuki 65 tahun.

Xavier, yang berusia 90 tahun, mengunjungi jendela yang berada pada lantai dasar sebuah panti lansia di kota Barcelona sebanyak tiga sampai empat kali seminggu. Panti lansia tersebut adalah tempat di mana istrinya, Carmen, tinggal dan dirawat. Panti tersebut telah ditutup lebih dari setahun yang lalu bagi pengunjung luar guna melindungi penghuninya dari COVID-19.

Karyawan panti tersebut menyediakan kursi agar Xavier dapat duduk di sebelah luar jendela kaca, lalu mereka membawa Carmen untuk mendekati jendela dari sebelah dalam agar mereka dapat saling bertemu. Xavier lalu menunjukkan sejumlah foto cucu-cucu mereka melalui ponselnya, untuk mencoba melawan efek penyakit Alzheimer yang diderita Carmen.

Xavier mengatakan bahwa ia berusaha mengunjungi Carmen sesering mungkin dan ia akan terus melakukannya sejauh fisiknya masih mampu.

Xavier kemudian menambahkan apabila situasinya terbalik dan dirinya yang sakit, ia yakin Carmen akan melakukan hal yang sama, bahkan lebih dari itu. Menurutnya, perempuan akan lebih jelas memahami ini, mereka akan bertemu, bercanda dan Carmen akan mengurusinya.

Pasangan lain: Agustina Canamero, 81 tahun, dan Pascual Perez, 84 tahun terpaksa berciuman dibatasi oleh plastik di panti jompo di Barcelona, di tengah pandemi COVID-19 di Spanyol (foto: dok).
Pasangan lain: Agustina Canamero, 81 tahun, dan Pascual Perez, 84 tahun terpaksa berciuman dibatasi oleh plastik di panti jompo di Barcelona, di tengah pandemi COVID-19 di Spanyol (foto: dok).

Keduanya telah divaksinasi COVID. Namun, panti-panti lansia di Spanyol terus berada di bawah pengendalian yang ketat setelah puluhan ribu penduduk berusia lanjut di negara tersebut meninggal di dalam perawatan panti-panti lansia pada bulan-bulan awal terjadinya pandemi.

Xavier dan Carmen bertemu pada tahun 1953 dan menikah pada tahun 1955. Sejak itu mereka selalu bersama, kecuali pada awal pernikahan mereka saat Xavier harus bekerja jauh dari rumah.

SUMBER : VOA INDONESIA

Varian Baru Corona Diduga Sudah Muncul di DIY

Previous article

Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Melesat Tembus 20,2 Persen

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info