News

Purwakarta Memiliki Populasi Domba 5,9 Juta Ekor

0
domba purwakarta

STARJOGJA.COM, Info – Pemkab Purwakarta melansir populasi hewan ternak jenis domba terus meningkat setiap tahunnya, di mana hingga Mei 2021 populasinya tercatat 5,9 juta ekor. Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan pihaknya terus mendorong supaya masyarakat lebih produktif mengembangbiakkan ternak.

“Di kita ada program pendidikan berkarakter yang didalamnya mendorong pelajar supaya berminat di sektor peternakan. Dalam program tersebut, para pelajar yang terpilih juga diberi bantuan domba untuk diternak,” ujar Anne, Rabu (2/6/2021).

Anne menjelaskan, ada beberapa wilayah yang telah dipetakan sebagai sentra peternakan domba di antaranya Kecamatan Wanayasa, Bojong dan Darangdan. Dengan masih tingginya minat masyarakat untuk berternak, diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat.

Baca juga : Feses Kambing Domba Menjadi Briket Karya UGM

“Sektor pertanian dan peternakan bisa menjadi salah satu andalan peningkatan ekonomi masyarakat. Aapalagi di masa pandemi seperti sekarang ini,” jelas dia.

Selain domba, lanjut Anne, dari laporan yang diterimanya dari dinas terkait, populasi hewan ternak jenis sapi juga turut meningkat tajam dalam kurun beberapa tahun terakhir.

Hingga 2019 kemarin saja, kata dia, populasinya mencapai 15.000 ekor.

“Setiap tahun populasinya terus meningkat. Di 2018, angkanya di kisaran 12.000 ekor, kemudian di 2019 kemarin, itu naik lagi jadi 15.000 ekor. Artinya, angka kelahiran anak sapi (pedet), sejauh ini juga terbilang tinggi,” kata Anne.

Dengan terus meningkatnya populasi hewan ternak ini, Anne berharap, ke depan Purwakarta bisa menjadi pemasok hewan ternak ke daerah lain.

Minimalnya, untuk memenuhi kebutuhan daging tak perlu mengandalkan dari daerah lain. Anne menambahkan, untuk pengembangan hewan ternak jenis sapi di wilayah ada beberapa daerah yang potensial seperti Kecamatan Tegalwaru, Manis, Sukasari, Campaka dan Kecamatan Cibatu.

Sumber : Bisnis

Kasus Covid-19 di DIY Setelah Libur Lebaran

Previous article

Tanpa Sewa Jip, Wisatawan Boleh Bawa Kendaraan Pribadi ke Petilasan Mbah Maridjan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News