Kab Bantul

Bantul Persiapkan ODGJ Jadi Sasaran Vaksinasi

0
vaksinasi jogja
Ilustrasi Vaksinasi

STARJOGJA.COM, Info – Pemerintah Kabupaten Bantul mulai mempersiapkan data Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) sebagai sasaran vaksinasi. Kasi Surveilans dan Imunisasi Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Bantul, Abednego Dani Nugroho membenarkan adanya wacana vaksinasi kepada ODGJ di Bantul.

Abed yang dihubungi pada Minggu (6/6/2021) menuturkan bila saat ini proses tersebut masih dalam pendataan.

“Ada [vaksinasi untuk ODGJ]. Masih pendataan, di Seksi Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa. Data ODGJ ada di Dinsos, jadi Seksi PTM Keswa koordinasi dengan Dinsos,” ujarnya.

Baca juga: Ketua KPU: Orang Gila Tak Punya Hak Pilih

Ditegaskan Abed pada prinsipnya masyarakat rentan mencakup semua ODGJ dan disabilitas. Adapun kriteria sasarannya tetap mengikuti kaidah yang ada seperti belum pernah terpapar Covid-19 atau pernah terpapar namun telah lewat tiga bulan, tidak memiliki riwayat komorbid berat dan beberapa kriteria calon penerima vaksin pada umumnya.

Nantinya, ODGJ dan disabiltas akan dimasukkan dalam kategori sasaran masyarakat rentan, terpisah dengan kategori yang ada sebelumnya seperti tenaga kesehatan, pelayan publik dan lansia. “Kategori masyarakat rentan. Tapi untuk petunjuk teknis dan target sasaran kami belum tahu, menunggu provinsi,” tandasnya.

 

Sumber : Harianjogja

Bayu

Warga Resah Saat Investor Wisata Kakap Akan Kembangkan Lahan 1,7 Hektare di Imogiri

Previous article

Duh, Panel Listrik Underpass YIA Dicuri

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul