umrah backpacker
Flash Info

Haji 2021 Hanya Untuk 60.000 Orang Saja

0

Starjogja.com, Flash Info – Arab Saudi memutuskan untuk melakukan pembatasan jumlah 60.000 jemaah calon haji pada 2021 untuk penduduk lokal dan ekspatriat. Keputusan itu diambil karena masih merebaknya penyebaran virus corona.

Pengumuman itu secara resmi disampaikan oleh Wuzarah al-Hajj wa al-‘Umrah as-Su’udiyyah atau Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi ‎melalui akun twitternya Sabtu (12/6/2021).

Adapun pemilihan penduduk lokal dan ekspatriat itu juga dilakukan secara ketat. Terbukti Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi juga memberikan syarat, salah satunya telah menjalani vaksinasi.

Baca juga: Ibadah Haji Tahun 2021, Pemerintah Pastikan Tidak Berangkatkan Jemaah Haji

“Status kesehatan mereka yang ingin mendaftar haji 1442 H harus untuk kategori berikut: orang yang divaksinasi, orang yang divaksinasi atau yang telah menyelesaikan satu dosis 14 hari sebelumnya, atau orang yang divaksinasi dan pulih dari infeksi Covid-19,” tulis Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi ‎melalui akun twitternya.

Saudi Press Agency (SPA) juga melaporkan pembatasan jemaah 60.000 pada Haji 2021. Kuota itu diberikan kepada jemaah berusia antara 18-65 dan telah divaksinasi lengkap, telah menerima dosis pertama mereka setidaknya 14 hari sebelumnya.

Kementerian ini memastikan jumlah total calon jemaah haji pada 2021 adalah 60.000 orang. Kuota ini diberikan kepada warga Arab Saudi serta penduduk dari berbagai negara atau ekspatriat yang saat ini berada di Arab Saudi.

“Jumlah total peziarah tahun ini adalah 60.000, untuk penduduk dari semua negara dan warga negara di dalam Kerajaan [Arab Saudi]. #Hajj_1442 AH,” kata Kementerian dalam Pemerintah Arab Saudi yang bertanggungjawab terhadap urusan haji dan umrah melalui twitternya.

Pengumuman tersebut kemudian di unggah Kembali melalui akun twitter resmi Kementerian Agama Republik Indonesia.

“Alhamdulillah. Arab Saudi sudah mengumumkan kebijakannya terkait operasional penyelenggaraan ibadah haji 1442 H/2021 M,” tulis akun twitter @Kemenag_RI.

Arab Saudi memiliki alasan yang kuat dalam melakukan pembatasan jumlah Jemaah, salah satunya adalah karena masih merebaknya penularan Covid-19.

“Penetapan jumlah Jemaah haji tahun ini dengan pertimbangan untuk memastikan kesehatan, keselamatan dan keamanan jemaah,” tulis akun Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi lagi.

Sumber: JIBI/Harianjogja.com

Bayu

2 RT di Danurejan Kota Jogja Dilockdown

Previous article

2 Orang Meninggal Akibat Keseruduk Mobil

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info