FeatureKab Gunungkidul

Pantai Nglambor Pusatnya Snorkeling Pantai Selatan Jogja

0
Pantai Nglambor
Pantai Nglambor (diasta nikki)

STARJOGJA.COM, Gunung Kidul –  Mungkin bagi yang sudah pernah mengunjungi pantai-pantai di daerah selatan akan menanyakan apakah pantai di Gunungkidul ada yang bisa untuk melakukan aktivitas seperti snorkeling mengingat ombaknya yang terkenal besar? Jawabannya adalah ada. Pantai Nglambor merupakan satu dari sekian banyak pantai yang ada di Gunung Kidul yang memiliki keistimewaan tersendiri.

Terdapat dua buah gunung karang berukuran besar yang berfungsi sebagai pemecah ombak alami. Dengan adanya gunung karang tersebut, ombak besar dari laut tidak langsung menyentuh bibir pantai dengan utuh. Sehingga ombak di sekitaran pantai cenderung lebih tenang dan aman untuk bermain dan berenang.

Baca juga : Seluruh Pantai di Gunungkidul Dibuka Akhir Bulan Ini

Setelah potensi yang dimiliki Pantai Nglambor diangkat, kini Pantai Nglambor terkenal sebagai pusat snorkeling di kawasan wisata pantai Gunung Kidul. Meskipun sekarang sudah ramai oleh wisatawan yang datang berkunjung sekadar untuk bermain di pantai maupun snorkeling, keindahan pantai dan bawah laut tetap terjaga. Pihak pengelola menerapkan peraturan agar keindahan biota laut yang ada tidak rusak dan keselamatan pengunjung tetap terjaga.

“Pengennya snorkeling tapi karena air (laut) lagi pasang makannya cuma menikmati pemandangan di pantai, tapi tetap bagus,” Siti salah satu pengunjung Pantai Nglambor.

Pantai Nglambor terletak di Dusun Purwodadi, Desa Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Kurang lebih 72 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 12 menit dari pusat Kota Yogyakarta. Sayangnya belum ada transportasi umum yang mengakomodir perjalanan dari dan menuju Pantai Nglambor. Apabila baru pertama kali mendatangi kawasan pantai Gunung Kidul membutuhkan ketelitian ekstra untuk menuju Pantai Nglambor dikarenakan aksesnya yang lumayan sulit.

Kondisi jalan tidak terlalu lebar sehingga tidak memungkinkan bagi bus wisata bahkan mobil untuk sampai ke daerah pantai. Pengunjung perlu berjalan kaki sebentar atau menyewa jasa ojek yang biasanya berada di sekitaran tempat parkir kendaraan. Dan pengunjung akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp5.000 per orang dan biaya parkir sebesar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Bagi pengunjung yang ingin bermain snorkeling, harus merogoh kocek lebih untuk mendapatkan fasilitas di konter penyewaan peralatan snorkeling. Dengan biaya berkisar antara Rp35.000 – Rp50.000  biasanya pengunjung akan mendapatkan fasilitas berupa set alat snorkeling, air minum, foto bawah air dan seorang pemandu snorkeling.

Penulis : Diasta Nikki

Bayu

Serunya Bermain di Tirta Tamansari Water Byur Bantul

Previous article

Menikmati Pesona Keindahan Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature