FeatureKab Bantul

Pantai Parang Endog Wisata Tersembunyi di Timur Parangtritis

0
pantai parang endog
Suasana Pantai Parang Endog di sore hari (Foto: Diasta Niki)

STARJOGJA.COM, Gunung Kidul – Kabupaten di Yogyakarta yang memiliki banyak pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Parang Endog. Parang dalam Bahasa Jawa berarti karang, sedangkan endog berarti telur. Hal ini dikarenakan di Pantai Parang endog banyak terdapat bebatuan karang besar yang berbentuk seperti telur.

Bagi sebagian orang jika berkunjung ke Yogyakarta mungkin hanya mengetahui Pantai Parangtritis saja. Namun jika berjalan sedikit agak jauh ke arah timur Pantai Parangtritis maka kita akan menemukan pantai dengan karang-karang besar berbentuk telur. Ketika sampai di Pantai Parang Endog maka akan terlihat pula sebuah air terjun yang cukup deras dan di hilirnya membentuk sungai kecil mengalir menuju pantai di antara karang-karang berukuran besar.

Baca juga : Cara Unik Menikmati Sunset di Pantai Ngrumput

Meskipun letaknya bersebelahan dengan Parangtritis Pantai Parang Endog ini relatif lebih sepi jika dibandingkan Pantai Parangtritis karena belum banyak
diketahui oleh orang. Selain itu, tidak ada tempat parkir kendaraan yang dekat dengan Pantai Parang Endog sehingga pengunjung harus berjalan kaki cukup jauh dari tempat parkir kendaraan yang terletak di sepanjang jalan menuju Pantai Parangtritis.

Pada sepanjang Pantai Parang Endog terdapat kursi-kursi panjang dengan atap rumbia yang jika pengunjung duduk disana maka akan dihampiri oleh seseorang yang merupakan pemilik kursi yang menyewakan kursinya bagi para pengunjung. Per kursi yang disewa akan dikenakan biaya sewa 15
-20 ribu rupiah.

Ombak di Pantai Parang Endog cukup tenang sehingga sering dijadikan spot favorit oleh orang- orang yang memiliki hobi memancing. Kawasan nya yang masih sepi pengunjung terkadang dijadikan tempat untuk bermain sepak bola oleh para pemuda. Tepian pantai nya biasanya juga dijadikan sebagai ajang acara tahunan olahraga paralayang.

Bagi para pengunjung yang tidak hanya ingin mengunjungi Pantai Parang Endog, pengunjung dapat menggunakan jasa sewa jeep yang berada di sekitaran Pantai Parangtritis yang menawarkan beberapa paket wisata untuk berkeliling area wisata di sekitar Pantai Parangtritis.

 

Penulis : Diasta Nikki

Bayu

Menikmati Pesona Keindahan Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Previous article

Taman Puspa Gading, Wisata Edukasi Lengkap di Bantul

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature