FeatureKab Bantul

Istimewanya Wisata Desa Wisata Srikeminut Bantul

0
Desa Wisata Srikeminut
Desa Wisata Srikeminut (diasta nikki)

STARJOGJA.COM, Bantul – Banyaknya destinasi wisata yang bermunculan dan di Yogyakarta. Salah satu yang sedang ramai diperbincangkan masyarakat adalah Desa Wisata Srikeminut yang terletak di Sriharjo, Kedungmiri dan Wunut, Kecamatan Imogiri, kabupaten Bantul. Lokasinya berada di tengah bukit dan dilintasi sungai Oya. Desa Wisata Srikeminut ini dikelola oleh Pengembangan Usaha Pokdarwis Desa Sriharjo.

Terdapat beberapa spot wisata di Desa Wisata Srikeminut ini seperti Bukit Sriharjo, Area Sepeda Air dan Padusan Banyu Bening. Pada spot Bukit Sriharjo terdapat sawah berupa terasering yang dikelilingi pepohonan dan sebuah tulisan “Sriharjo” di tengahnya. Biasanya area persawahan ini lah yang dijadikan spot bagi pengunjung untuk berfoto. Selain berfoto pengunjung juga dapat mempelajari cara bertani dengan teknik modern didampingi oleh pengelola atau warga setempat.

Beralih ke area Sepeda Air dan Padusan Banyu Bening di Sungai Oya. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di sini, seperti bermain air, berenang, dan tentu saja bermain sepeda air. Wisata air ini dirancang ramah keluarga jadi jika pergi ke area air ini bersama dengan anak-anak bisa dibilang relatif aman. Anak-anak bisa diajak untuk naik perosotan, menaiki perahu, melewati jembatan dan berfoto di bebatuan kali yang berwarna putih.

Baca juga : Dijaga Ketat, Objek Wisata Bantul Tutup

“Di sini menjadi ramai wisatawan dan anak-anak senang juga karena sering mendapat teman baru karena banyak anak juga yang bermain di sungai,” ujar Kana salah seorang warga sekitar Desa Wisata Srikeminut.

Meskipun berada di area air, pihak pengelola tetap menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjung dengan menyediakan fasilitas untuk cuci tangan di beberapa titik serta penyemprotan desinfektan setiap satu kali dalam satu minggu demi menjaga kesehatan baik pengunjung maupun pengelola.

Pihak pengelola juga menghimbau pengunjung untuk tetap memakai masker dan membawa hand sanitizer sendiri agar sewaktu-waktu bisa digunakan apabila sedang berada jauh dari tempat cuci tangan.

Tidak ada biaya untuk memasuki kawasan Desa Wisata Srikeminut. Namun jika memasuki wisata air pengunjung akan diperkenankan untuk membayar seikhlasnya dan membayar biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk mobil dan Rp2.000 untuk motor. Serta tambahan Rp5.000 bagi pengunjung yang ingin bermain sepeda air.

Penulis : Diasta Nikki

Tempat Tidur untuk Pasien Covid-19 di Bantul Penuh

Previous article

Melihat Demam Tanaman Masa Pandemi di Puspito Garden

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature