Feature

PTM Juli 2021, Perlu Persetujuan Orang Tua

0
PTM Juli 2021
Isti Triasih Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY

STARJOGJA.COM, Info – Pemerintah merencanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada bulan Juli 2021 nanti. Isti Triasih Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY mengatakan PTM di bulan Juli 2021 harus melihat beberapa faktor salah satunya persetujuan orang tua.

“Ini harus persetujuan orang tua tanpa persetujuan ya tidak bisa,” katanya di 101,3 FM.

Isti mengatakan kementerian menyatakan ada syarat tertentu sekolah dapat membuka pembelajaran tatap muka. Namun bagi sekolah di zona merah diharapkan tidak menggelar PTM terutama usai libur lebaran kasus Covid-19 meningkat di beberapa daerah.

Baca juga : Sultan Minta Sekolah Tidak PTM Jika Guru Belum Ini

“Sementara kita break dulu pasca lebaran (kasus Covid-19 naik),” katanya.

Isti mengatakan pada uji coba PTM terbatas sebelumnya, pelaksanaannya dijalankan dengan baik mulai dari rumah hingga pulang sekolah. Menurutnya setiap sekolah di DIY sudah menerapkan sistem yang pas sesuai dengan protokol kesehatan di sekolah.

“Sudah didata dari rumah apakah menggunakan kendaraan umum atau diantar, setelah masuk prokes sudah ada. Guru tidak bisa jalan jalan dalam mengajar, kemarin itu 3 jam tidak ada break atau istirahat tapi langsung pulang. Ini tentu komunikasi dengan orang tua terus intens jangan sampai anak terus dolan,” katanya.

Ia mengatakan melalui SE soal tahun ajaran baru per Juli, Pemda DIY dinilai sudah berupaya maksimal. Salah satunya tenaga guru dan pendidikan bisa divaksin.

“Kita sudah melakukan dengan uji percontohan di beberapa sekolah sebenarnya, jumlahnya 24 sekolah setelah lebaran jumlahnya kasus begitu tajam,” katanya.

Isti mengatakan jika pembelajaran kembali jarak jauh maka pihaknya memiliki aplikasi Jogja Belajar yang bisa digunakan para guru dan siswa juga orang tua. Hal ini untuk memperkaya materi pendidikan yang sudah diajarkan oleh para guru.

” Dikpora punya UPT Balai teknologi komunikasi pendidikan yang punya Jogja Belajar. Jogja Belajar bisa dipakai oleh guru maupun siswa. Jogja Belajar kelas maya ada keterlibatan orang tua yang bisa memantau, terlihat di aplikasi itu,” katanya.

Epidemiolog Sebut Varian Delta Covid-19 Dominasi di Juli 2021

Previous article

Qatar Bolehkan Penonton yang Sudah Vaksinasi Hadir di Piala Dunia 2022

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature