News

Belanja di Pasar Tradisional Ada Promo Cashback

0
Bantul Online Shop
Ilustrasi Pasar Tradisional ( FOTO : Harianjogja)

STARJOGJA.COM, Info – Pemerintah Kota Jogja melalui Dinas Perdagangan mengegeliatkan kegiatan perekonomian di pasar rakyat atau pasar tradisional melalui program promo cashback yang melakukan transaksi atau belanja secara daring.

Program yang bekerja sama dengan Gojek Indonesia melalui aplikasi GoShop dinilai mampu meningkatkan transaksi dan mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok tanpa harus berkerumun di dalam pasar yang berpotensi terjadi penularan virus Corona.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Jogja, Yunianto Dwi Sutono mengatakan ada dua hal penting dalam menggeliatkan kegiatan perekonomian di pasar rakyat di Jogja selama masa pandemi, yakni digitalisasi pasar yang bertujuan mengurangi proses pembayaran tunai dengan transaksi nontunai (cashless) antara pedagang dan pembeli.

Baca juga : DIY Batasi Jam Operasional Pusat Perbelanjaan

“Yang kedua saat pandemi ini bagaimana mengurangi risiko berinteraksi massa pembeli dan pedagang sehingga dengan GoShop dapat mengurangi risiko paparan Covid-19, apalagi saat ini sedang tinggi lagi penularannya,” kata Yunianto, di kantornya, Senin (28/6).

Dalam kerja sama dengan Gojek Indonesia tersebut Dinas Perdagangan Kota Jogja mensubsidi masyarakat yang belanja lewat GoShop berupa promo cashback sebesar Rp10.000 dengan maskimal nilai transaksi belanja Rp30.000.

Dia berharap dengan adanya program tersebut masyarakat khususnya warga Jogja tidak lagi harus datang ke pasar, karena belanjaan langsung bisa dipesan lewat GoShop. Selain itu masyarakat juga mendapat keuntungan cashback.

Fasilitas bagi Warga

Kepala Bidang Bimbingan Usaha, Promosi, dan Kemitraan Dinas Perdagangan Jogja, Benedik Cahyo menambahkan program cashback GoShop awalnya diluncurkan sejak akhir 2020 lalu atau dalam kondisi pandemi Covid-19. Saat itu semua pasar termasuk pasar rakyat harus menerapkan protokol kesehatan untuk menghindari paparan Covid-19 baik bagi pedagang maupun pembeli.

Salah satu solusinya adalah dicarikan dengan belanja secara daring. “Ini sebagai fasilitas bagi warga di wilayah Jogja untuk belanja secara daring,” ujar Benedik.

Total anggaran yang digunakan dalam program cashback GoShop tahun ini Rp50 juta. Jika dikalikan per transaksi Rp10.000, maka total anggaran tersebut dapat memberikan kemudahan sebanyak 5.000 transaksi. Menurut Benedik, program tersebut diberlakukan di semua pasar rakyat di Jogja.

Hampir semua pasar rakyat bisa diakses, namun sejauh ini yang paling banyak transaksinya adalah Psar Kranggan dan Pasar Patuk. Ia menyebut akan melihat antusiasme masyarakat dalam menggunakan promo tersebut.

“Kalau memang tinggi peminatnya tidak menutup kemungkinan dalam Anggaran Perubahan nanti program cashback belanja daring di pasar rakyat ini ditambah,” ucap Benedik.

 

sumber : Harianjogja

Kasus Covid-19 Terus Naik di DIY, Belum Puncak Penularan

Previous article

Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Usia 12-17 Tahun Dinilai Sangat Tepat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News