NewsNusantara

Bantu RI Atasi COVID-19, Sejumlah Negara Kirim Bantuan

0
bantuan covid-19

STARJOGJA.COM, JAKARTA – Bantu RI Atasi Lonjakan COVID-19, Sejumlah Negara Kirim Bantuan. Bantuan alat-alat kesehatan dari sejumlah negara sahabat untuk mengatasi meluasnya penyebaran pandemi virus corona di Indonesia mulai tiba di Jakarta pada Jumat (9/7).

Pemerintah Singapura, lewat mekanisme “Government-to-Government,” mengirimkan bantuan 200 ventilator, 256 silinder oksigen kosong 50 liter, masker, sarung tangan, alat pelindung diri (APD), tutup kepala dan alat kesehatan lainnya.

Kementerian Pertahanan Singapura secara terpisah juga menyumbangkan alat-alat pelindung kesehatan kepada Kementerian Pertahanan Indonesia, yang terdiri dari 756 oksigen silinder, 600 oksigen konsentrator, 220 ventilator dan perlengkapan APD, termasuk masker bedah, masker N95, dan kelengkapan alat bedah.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang telah ditunjuk menjadi Koordinator PPKM Darurat, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan 30 oksigen konsentrator yang merupakan bagian dari 10 ribu oksigen konsentrator yang dibeli pemerintah Indonesia dari Singapura akan tiba hari ini, Jumat (9/7).

Tiga puluh oksigen konsentrator itu akan tiba dari udara, “sisanya dikirim via laut bersama dengan tabung silinder yang diisi oksigen.”

Oksigen konsentrator adalah alat medis yang memproduksi oksigen murni untuk pasien yang mengalami gangguan pernapasan. Alat yang dapat digunakan di rumah atau saat bepergian itu hanya dapat diperoleh dengan resep dokter setelah melakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh.

Selain membeli oksigen konsentrator, guna menjawab kebutuhan masyarakat di tengah meluasnya pandemi virus corona, pemerintah Indonesia juga membeli tujuh unit oksigen generator dan 36 ribu ton oksigen untuk 30 hari ke depan.

“Jadi bukan hanya bantuan atau donasi saja, tetapi ada juga alat kesehatan yang dibeli pemerintah,” tambah Luhut.

AS kirim Moderna

Menjawab permintaan bantuan dari Indonesia untuk mengatasi perebakan luas virus corona, pemerintah Amerika Serikat (AS) akan mengirim empat juta dosis vaksin Moderna.

Menurut dua sumber VOA , vaksin Mderna akan tiba pada Sabtu (10/7) pagi. Kedutaan Besar Amerika di Jakarta juga mengisyaratkan hal itu lewat media sosialnya

SUMBER : VOA Indonesia

Tidur Sangat Penting untuk Tingkatkan Imunitas

Previous article

Dukungan Sosial Sangat Diperlukan Bagi Pasien COVID-19

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News