Kota JogjaNews

Pemda DIY Terus Menambah Kapasitas Tempat Tidur

0
luka plester
Ilustrasi Rumah sakit. FOTO : REUTERS/harianjogja

STARJOGJA.COM, JOGJA – Pemda DIY terus menambah kapasitas tempat tidur di RS Rujukan. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X memastikan terus berupaya menambah kapasitas tempat tidur rumah sakit rujukan di provinsi itu untuk penanganan pasien COVID-19.

“Seperti di (RS) Hardjolukito, di sana ada gedung baru jadi selama ini memang belum dimanfaatkan. Kami juga berikan dorongan RS rujukan COVID-19 lain untuk menambah jumlah bed isolasi sehingga mencapai persentase 30-40 persen,” kata Sri Sultan dikutip dari antara.

Sultan menyampaikan hal itu dalam Rapat Koordinasi Peningkatan Kapasitas Bed RS Rujukan bersama Menko Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan.

Selain itu, Sultan juga mengatakan bahwa Pemda DIY secara bertahap terus menambah fasilitas isolasi mandiri atau selter untuk pasien terkonfirmasi positif COVID-19.

“Selter yang disediakan Pemda DIY jumlahnya ada 59, dengan total daya tampung sebanyak 856 orang,” kata dia.

Hal tersebut sesuai arahan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin yang sebelumnya meminta agar pasien positif COVID-19 yang tidak memiliki gejala sesak napas, saturasi di atas 95 persen dan tidak memiliki komorbid cukup melakukan isolasi mandiri di rumah atau selter yang tersedia di wilayah masing-masing.

Cara itu diharapkan mampu menurunkan tingkat keterisian tempat tidur di RS rujukan COVID-19 DIY sehingga temat tidur di RS dapat dimanfaatkan lebih optimal bagi pasien COVID-19 dengan kondisi gejala sedang/berat dan kritis.

Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji menambahkan bahwa kondisi keterisian tempat tidur di RS se-Jawa dan Bali sudah di atas kapasitas maksimal.

“Keputusannya yang akan dilakukan se-Jawa dan Bali adalah penambahan konversi dari bed non-COVID-19 menjadi bed COVID-19 dan ICU non-COVID-19 menjadi ICU COVID-19,” kata dia.

SUMBER: Antara

Getting a Woman to get Marriage in Colombia

Previous article

Pengenalan Lingkungan Sekolah Wajib Daring

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja