Health

Tanda Kolesterol Ternyata Bisa Dilihat dari Jari

0
Favipiravir
ilustrasi kuku (ist)

STARJOGJA.COM, Info – Terlalu banyak kolesterol dapat menyumbat pembuluh darah. Hal itu berpotensi mengalami masalah jantung atau stroke. Bagi kebanyakan orang, kolesterol menumpuk tanpa gejala yang terlihat. Namun, menurut sebuah penelitian tanda-tanda tersebut ternyata bisa dilihat dari jari.

Dilansir dari express, sebuah studi kasus yang diterbitkan dalam jurnal Hindawi menemukan xanthoma menyebabkan gerakan sendi yang tertahan.

Baca Juga : 5 Kebiasaan Ini Picu Kolesterol Meningkat Seusai Lebaran

Xanthomas adalah bahan kaya kolesterol kekuningan yang disimpan di tendon atau bagian tubuh lainnya. Seorang laki-laki berusia 42 tahun mengeluhkan keterbatasan gerak terutama pada jari keempat dan kelima tangan kirinya. Massa tanpa rasa sakit tumbuh perlahan dan menyebabkan disfungsi sendi yang terkena.

Kadar kolesterol serum pasien di atas normal dan biopsi menunjukkan sel-sel xanthoma tersebar di antara serat kolagen tendon.

“Sepengetahuan kami, kasus ini adalah kasus pertama dalam literatur Inggris tentang xanthoma yang menyebabkan gerakan sendi tertahan,” tulis para peneliti studi.

Menurut Rumah Sakit Winchester, xanthoma lebih sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua Didiagnosis Bagi kebanyakan orang, satu-satunya cara untuk menentukan kadar kolesterol tinggi adalah dengan melakukan tes darah, catat NHS.

“Dokter Anda mungkin menyarankan untuk melakukan tes jika mereka mengira kadar kolesterol Anda bisa tinggi,” jelas badan kesehatan itu.

Ini mungkin karena usia, berat badan atau kondisi lain yang Anda miliki seperti tekanan darah tinggi atau diabetes. Cara menurunkan kolesterol tinggi adalah mengubah makanan apa yang Anda makan.

“Menambahkan makanan yang menurunkan LDL, partikel pembawa kolesterol berbahaya yang berkontribusi terhadap aterosklerosis penyumbatan arteri, adalah cara terbaik untuk mencapai diet rendah kolesterol,” jelas Harvard Health.

Langkah pertama yang mudah untuk menurunkan kolesterol adalah makan semangkuk oatmeal atau sereal berbasis oat dingin seperti Cheerios untuk sarapan. Yang terpenting, oat mengandung serat larut, yang memberikan pukulan telak terhadap kolesterol tinggi.

Harvard Health menjelaskan serat larut mengikat kolesterol dan prekursornya dalam sistem pencernaan dan menyeretnya keluar dari tubuh sebelum masuk ke sirkulasi. Mengurangi lemak jenuh dan menggantinya dengan lemak tak jenuh juga merupakan cara yang bagus untuk menurunkan kolesterol.

Lemak jenuh adalah jenis lemak yang ditemukan dalam mentega, lemak babi, ghee, daging berlemak dan keju.

Sumber : Bisnis

BTS dan Billie Eillish Ikutan Global Citizen Live

Previous article

Vaksinasi Anak di Kota Jogja Harus Dikebut

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health