Kota JogjaNews

Varian Delta Sudah Masuk DIY Sejak Juni

0
varian delta juni

STARJOGJA.COM, JOGJA – Varian Delta Sudah Masuk DIY Sejak Juni. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut virus Corona varian Delta sudah masuk di lebih dari 14 provinsi di Indonesia, termasuk DIY.

“Data dari Gisaid.org, ada 20 sampel bulan Juni dari Yogyakarta [DIY] yang terkonfirmasi mengandung varian Delta,” kata Budi Gunadi Sadikin seusai bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X,  di Bangsal Kepatihan, Sabtu (17/7/2021).

Budi Gunadi mengatakan kementerian rutin memasukkan data ke Gisaid.org.

“Memang betul varian Delta di Indonesia sudah cukup banyak. Lebih dari 14 provonsi.,” ujarnya.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengakui virus Corona varian Delta sudah masuk DIY berdasarkan hasil pemeriksaan sampel menggunakan whole genome sequencing (WGS) SARS-COV-2. Ada 20 warga DIY yang terpapar varian Delta. Varian Delta Sudah Masuk DIY Sejak Juni.

Menurut Sultan,  pengambilan sampel spesimen dilaksanakan pada Juni dan uji sampel dilaksanakan mulai 5 Juli 2021. Selanjutnya, hasil pengetesan dilaporkan oleh  Dekan FK-KMK Universitas Gadjah Mada kepada Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada  10 Juli 2021.

“Perlu kami sampaikan bahwa hasil pemeriksaan WGS terhadap 25 spesimen, yang terdiri atas 15 orang dewasa dan 10  anak-anak, mengindikasikan bahwa 20 orang telah terpapar varian Delta, dengan rincian 11 kasus pada orang dewasa dan sembilan kasus pada anak-anak,” kata Sultan,  dalam keterangan tertulisnya,  Sabtu (17/7/2021).

Sultan mengatakan pemeriksaan WGS tersebut melibatkan spesimen pasien terkonfirmasi positif yang memenuhi  persyaratan, dan telah merujuk pada pedoman yang ditetapkan melalui Surat dari Badan Litbangkes  Kemenkes RI nomor SR. 01.07/II/1290/2021.

Kementerian Kesehatan bersama semua pihak akan mempercepat vaksinaso. Di DIY, vaksinasi akan digenjot sampai 100% sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

20 Warga DIY Terpapar Varian Delta

Previous article

Covid ditemukan di Kampung Atlet Olimpiade

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja