News

Cerita Penemu Vaksin AstraZeneca-Oxford dari Indonesia

0
Booster vaksin Covid-19
sultan di vaksinasi di Sardjito (Harianjogja)

STARJOGJA.COM, Info – Indra Rudiansyah, menjadi salah satu tim penemu vaksin AstraZeneca-Oxford hingga kini telah didistribusikan ke berbagai negara. Di Oxford, tim peneliti yang dipimpin oleh Professor Sarah Gilbert dari Institute Jenner telah membuat Vaksin semenjak Januari. Salah satu dari tim tersebut adalah Indra Rudiansyah, yang berfokus dalam mengembangkan vaksin seperti beberapa efek penyakit yang dapat berpotensi menjadi pandemi yakni salah satunya adalah Covid-19.

Proses dalam membuat vaksin terutama ketika ada virus baru yang belum pernah ditemukan sebelumnya dan harus bergerak dengan cepat dilakukan dalam proses bertahap. Dalam proses penemuannya, Gilbert yakin untuk menciptakan vaksin yang dapat melawan Covid-19. Oleh karena itu, maka hal yang dilakukan adalah membutuhkan tim dengan orang-orang yang memiliki banyak perbedaan dengan kemampuan yang berbeda.

Gilbert mengatakan bahwa mereka membutuhkan orang-orang yang ahli dalam imunologi, dan membutuhkan orang-orang yang berkualifikasi secara medis, perawat, ahli statistik, mampu membuat rekayasa, kontrol kualitas, dan membutuhkan siswa-siswa yang sudah dilatih.

Baca juga : Berbagai Efek Samping Vaksin AstraZeneca

Indra Rudiansyah, sebagai salah satu siswa dan menjadi tim yang terlibat merasa senang dan bersyukur untuk terlibat dalam proyek ini. Hal ini dikarenakan dirinya bisa untuk berkontribusi kepada masyarakat terutama dalam melawan pandemi, dan bekerja dengan orang-orang yang bertalenta dan ahli dalam bidangnya. Dalam proses pembuatan vaksin bukan hanya mengenai bagaimana vaksin tersebut dapat disuntikan ke masyarakat dan dapat meningkatkan imun. Hal yang dipertimbangkan lainnya adalah permasalahan manufaktur sehingga tidak terlalu mahal ataupun membuat vaksin dengan kuantitas yang sedikit dan sulit untuk dikirimkan ke berbagai negara.

Indra Rudiansyah dalam mengambil proyek ini juga melakukan pengorbanan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Namun, dirinya merasa bangga dapat membantu orang banyak, dan membuat keluarganya bangga.

“Saya yakin saya tidak bisa pulang dan menghabiskan waktu selama lockdown bersama keluarga. Namun dengan pengorbanan yang saya temui dan keputusan yang saya buat, saya tidak merasa menyesal terutama dengan fakta saya dapat membantu orang banyak, dan dengan bekerja di proyek ini benar-benar membuat keluarga saya bangga,” ucapnya yang dilansir dari video unggahan Deutsche Bank pada hari Kamis (15/02/21).

Berikut cerita lengkap pengalaman mereka saat mengembangkan vaksin tersebut

Sumber : Bisnis

Bayu

Vaksin Covid-19 yang Ampuh Tangkal Virus Corona Menurut Jokowi

Previous article

Keren, Mobil Dinas Camat Banguntapan Jadi Ambulans Covid-19

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News