Health

India Balas Budi Kirim Bantuan Oksigen Medis ke Indonesia

0
oksigen gratis bantul
FOTO : Antara

STARJOGJA.COM, Info – India telah mengirimkan total 100 ton oksigen medis cair ke Indonesia dan 300 konsentrator oksigen ke Indonesia di tengah lonjakan kasus positif Covid-19 akibat varian Delta. Dilansir dari situs www.opindia.com, Menteri Luar Negeri India S. Jaishankar melalui Twitter mengumumkan bahwa Kapal Angkatan Laut India (INS) Airawat sedang dalam perjalanan ke Tanjung Priok di Indonesia dengan bantuan medis.

“India berdiri bersama mitranya dalam perang melawan Covid-19,” kata Menlu India S. Jaishankar seperti dikutip dari OpIndia, Rabu (21/7/2021).

Baca Juga : India Siap Susul China Jadi Negara Berpenduduk Terbanyak

Lonjakan jumlah kasus Covid-19 di Indonesia saat ini didorong oleh penyebaran varian Delta yang lebih ganas. Indonesia memimpin daftar negara dengan jumlah kasus virus corona tertinggi dalam tujuh hari terakhir.

Meningkatnya jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia berarti rumah sakit bekerja dengan kapasitas hampir penuh, sementara petugas dan peralatan kesehatan sangat terbatas.

Baru seminggu yang lalu, Indonesia mencari bantuan dari negara-negara di seluruh dunia karena kasusnya terus melonjak secara dramatis.

“Angkatan Laut India mengatakan kapal itu berangkat ke Indonesia pada 16 Juli 2021 dan akan tiba di sana dalam waktu dekat,” tulis OpIndia.com.

Pengiriman 10 ribu oksigen dan 300 konsentrator oksigen ke Indonesia menandai pertama kalinya India mengirimkan bantuan medis ke luar negeri, setelah dilanda gelombang kedua wabah virus corona pada April 2021. Sebelumnya, Indonesia telah membantu India dalam memerangi Covid-19 dengan menyumbangkan total 3.400 unit tabung oksigen melalui Indian Red Criss Society (IRCS).

Solidaritas dalam penanganan pandemi antara kedua negara bukan hal baru, yang sebelumnnya berlangsung ketika pemerintah India memberikan dukungan ekspor bahan baku obat bagi Indonesia saat status pandemi mulai ditetapkan. Sementara dalam bidang perdagangan, India tercatat sebagai pasar kedua terbesar dunia setelah China bagi produk minyak kelapa sawit dan turunannya dari Indonesia.

Tahun lalu ekspor Indonesia mencapai 5,64 juta ton minyak sawit senilai US$3,05 miliar. Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti menyampaikan Indonesia adalah salah satu negara yang berkontribusi dalam melawan pandemi Covid-19 di India.

“Kami telah membantu lebih dari 84 negara di awal pandemi, sekarang kami mendapat bantuan. Industri di Indonesia sangat membantu, yang diorganisir oleh Kemenperin,” katanya.

Sumber : Bisnis

18 Sapi yang Dipotong di Bantul Mengandung Cacing Hati

Previous article

Hoaks Air Kelapa Bisa Sembuhkan Covid-19

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health