Flash Info

Meteor Raksasa Membuat Langit Norwegia Terang

0
meteor raksasa norwegia
hujan meteor Geminid (twitter/Nasa)

STARJOGJA.COM, Info – Sebuah meteor raksasa dikabarkan menghantam bumi dan menyala di selatan Norwegia pada hari Minggu malam 25 Juli 2021 kemarin. Kilatan itu bahkan membuat langit sangat terang seperti siang hari.

Meteor itu, menciptakan tampilan suara dan cahaya yang spektakuler saat bergemuruh melintasi langit, dan sebagian darinya mungkin menabrak Bumi, mungkin tidak jauh dari ibu kota, Oslo, kata para ahli dilansir dari Guardian. Laporan penampakan mulai berdatangan sekitar pukul 1 pagi, dan fenomena itu terlihat di utara Trondheim.

Tidak ada laporan tentang korban cedera atau kerusakan.

Baca Juga : ITERA Pastikan Batu Meteor di Lampung

Sebuah kamera web di Holmestrand, selatan Oslo, menangkap bola api yang jatuh dari langit dan meletus menjadi kilatan terang yang menerangi marina. Jaringan Meteor Norwegia sedang menganalisis rekaman video dan data lainnya untuk mencoba menentukan asal dan tujuan meteor tersebut. Data awal menunjukkan sebuah meteorit mungkin telah menabrak Bumi di daerah berhutan besar, yang disebut Finnemarka, 60 km (40 mil) barat ibukota, Oslo, kata jaringan itu.

“Ini gila,” kata Morten Bilet juru bicara jaringan meteor Norwegia yang melihat dan mendengar meteor itu. Pada Minggu sore, tidak ada puing yang ditemukan, dan mengingat lokasi yang “menuntut”, pencarian kemungkinan meteorit bisa memakan waktu “sekitar 10 tahun”, kata Bilet. Meteor itu melaju dengan kecepatan 15 km–20 km per detik dan menerangi langit malam selama lima hingga enam detik, kata Bilet.

Langit musim panas itu gelap. Beberapa saksi mata juga mengatakan mereka merasakan hembusan angin yang lebih kuat karena meteor menyebabkan gelombang tekanan.

“Apa yang kami alami tadi malam adalah sebuah batu besar yang bergerak kemungkinan dari antara Mars dan Jupiter, yang merupakan sabuk asteroid kami. Dan ketika itu mendesing, itu menciptakan gemuruh, cahaya, dan kegembiraan besar di antara kita [para ahli] dan mungkin beberapa ketakutan di antara yang lain, ”kata Bilet.

Tidak ada laporan kerusakan atau orang-orang yang ketakutan, dan menambahkan bahwa bagi mereka yang terdekat, itu kemungkinan akan menjadi peristiwa yang “menyeramkan”. Sebuah meteor yang meledak di Rusia tengah dekat kota Chelyabinsk pada tahun 2013 menghujani bola api di area yang luas dan menyebabkan gelombang kejut yang menghancurkan jendela, merusak bangunan dan melukai 1.200 orang.

Berikut videonya dikutip dari Guardian

Sumber : Bisnis

Bayu

Ketua PBNU dan Mahfud MD Sepakat Jokowi Tidak Bisa Lengser karena Covid-19

Previous article

Bansos Tunai dan Beras Cair, Bupati Kulonprogo Ingatkan Warganya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info