Pendidikan

Rektor UGM Resmi Menjadi Ketua Forum Rektor Indonesia

0
Rektor UGM
Rektor UGM

STARJOGJA.COM, Info – Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono dikukuhkan sebagai Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) periode 2021-2022. Ia akan melanjutkan tongkat kepemimpinan Prof. Dr. Arif Satria (Rektor IPB) yang merupakan ketua FRI 2020-2021.

Pengukuhan dilaksanakan dalam Konferensi FRI 2021, Konvensi Kampus XXVII dan Temu Tahunan XXIII FRI 2020 yang dilaksanakan secara virtual, Selasa (27/7) dengan UGM sebagai tuan rumah. Dalam kesempatan itu turut disampaikan pula Ketua FRI terpilih (elected) periode 2022-2023 yakni Rektor Universitas Airlangga, Prof.Dr. Mohammad Nasih.

Dalam pidatonya, Panut menyampaikan harapan perguruan tinggi dapat menjadi bagian dari solusi dalam menghadapi situasi yang penuh ketidakpastian. Akademisi harus progresif dan berada dijajaran depan agar dapat memberikan jalan keluar bagi permasa lahan bangsa.

Baca juga : Forum Rektor kaji ekonomi Pancasila

“Melalui FRI ini mari bersama-sama kita bergerak secara kolaboratif agar potensi yang ada di masing-masing institusi kita bisa bersinergi sehingga dampaknya untuk kemajuan bangsa menjadi jauh leb ih besar,” tuturnya.

Ia mengatakan bahwa pendidikan tinggi saat ini tengah menghadapi tantangan yang luar biasa. Pandemi Covid-19 mengakibatkan krisis di sektor kesehatan dan ekonomi. Namun, disatu sisi wabah Covid-19 kian mempercepat disrupsi, masyarakat kini merasakan akselerasi adopsi teknologi digital.

Karenanya ia berharap lewat FRI bisa menjadi pelopor agar perguruan tinggi selalu inovatif untuk melihat sisi terang dari setiap persoalan yang dihadapi bangsa. Selain itu FRI juga mengajak perguruan tinggi Indonesia untuk berpikir terbuka terhadap kompetisi serta menjadi adaptif tanpa mengesampingkan nilai dan karakter dasar yang menjadi ciri khas pendidikan tinggi Indonesia.

“Kami mohon dukungan dan doa agar kita bisa menjadikan FRI ini sebagai sebuah rumah bersama yang senantiasa membuat kita progresif dalam menghadapi persoalan dan kolaboratif dalam memberikan solusi. Sementara di tengah disrupsi dan perubahan yang terjadi secara cepat, semoga kita dapat menyikapinya dengan inovatif sehingga pendidikan tinggi Indonesia menjadi institusi yang adaptif dan tetap relevan,” urainya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo berkesempatan membuka Konferensi Forum Rektor Indonesia 2021. Ia menekankan perguruan tinggi harus progresif membangun cara kerja baru untuk menyiapkan masa depan mahasiswa dan bangsa Indonesia yang lebih maju.

Bayu

Pelaku Wisata dan Seniman Bantul Paling Terdampak PPKM Level 4

Previous article

Bantuan Subsidi Upah 2021 Dinilai Minim

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan