Kab Bantul

23 Warga Pandak Bantul Terkena Klaster Penyembelihan Hewan Kurban

0
penyembelihan hewan kurban
Ilustrasi Pemotongan Hewan Kurban. foto : antara

STARJOGJA.COM, Info – Sebanyak 23 warga di RT 1, Bajang Glondong, Daleman, Gilangharjo, Pandak, Bantul dilaporkan positif Covid-19 usai melaksanakan penyembelihan hewan kurban pada saat perayaan Iduladha 2021.

Salah satu warga RT 1, Bajang Glondong, Daleman, Gilangharjo, Pandak, Bantul, Heru Sudibyo mengungkapkan, awalnya ada salah satu warga, A, yang juga panitia penyembelihan hewan kurban dalam kondisi tidak enak badan. Namun, A, nekat datang, merahasiakan kondisi tubuhnya kepada warga lainnya dan melakukan penyembelihan terhadap 4 sapi dan 4 kambing, Selasa (20/7/2021).

Keesokan harinya, Rabu (21/7/2021), A melakukan swab antigen sebagai persyaratan masuk di tempat kerjanya. Hasilnya, positif.

Baca juga: Klaster Penularan Covid-19 di Kantor Dinpar Kulonprogo Meluas

“Ia pun langsung melaporkan hasil ini ke pak RT dan kemudian dilakukan tracing,” kata Heru yang juga anggota DPRD Bantul ini, Rabu (28/7/2021).

Dari hasil tracing, sebanyak 20 warga harus menjalani swab, Jumat (23/7/2021) dan hasilnya ada 18 warga dinyatakan positif Covid-19. Sedangkan sisanya, 12 warga menjalani swab, Selasa (27/7/2021).

“Untuk hasil yang 12 warga ini, 5 dinyatakan positif. Jadi total ada 23 warga positif. Saat ini mereka menjalani isolasi mandiri di rumah sambil dipantau dari puskesmas dan satgas desa,” ucap Heru.

Sementara Panewu Pandak Kusmardiono mengatakan hingga Selasa (27/7/2021) masih ada sebanyak 616 warga positif Covid-19 di wilayahnya. Dari jumlah tersebut, selain adanya klaster penyembelihan hewan kurban, masih ada klaster pabrik, di Wijirejo, Pandak.

“Namun untuk klaster pabrik, ini sudah pada mulai sembuh,” kata Kusmardiono.

Sumber : Harianjogja

Bayu

Vaksin Efektif Hindarkan Pasien Covid-19 dari Risiko Kematian

Previous article

Vaksinasi Aman untuk Ibu Menyusui

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul