Health

Alasan Penting Minum Air yang Cukup Setiap Hari

0
manfaat air minum

STARJOGJA.COM, Info – Rata-rata kandungan air dalam tubuh manusia sekitar 60 hingga 70 persen. Setiap organ, sel dan jaringan dalam tubuh manusia menggunakan kandungan air agar dapat berfungsi dengan baik, itulah sebabnya mengapa sangat penting untuk minum air yang cukup setiap harinya.

Apapun yang Anda lakukan, pastikan untuk meminum enam hingga delapan gelas per harinya, jika tidak, dehidrasi dapat menyebabkan banyak masalah.

Berikut adalah beberapa efek samping yang akan terjadi jika Anda kurang minum air, melansir Henry Ford Health System, Rabu (28/7/2021).

Baca juga : Kapan Bayi Boleh Minum Air Putih?

1. Sakit kepala terus-menerus Salah satu hal pertama yang mungkin Anda perhatikan ketika mengalami dehidrasi adalah sakit kepala yang berdenyut-denyut. Apabila dehidrasi adalah penyebabnya, sakit kepala akan hilang segera setelah Anda minum segelas besar air.

2. Fungsi usus menjadi lamban “Ada reseptor air di usus besar, dan mereka menarik air dari tubuh untuk membuat tinja menjadi lebih lembut,” kata dr Marjan Moghaddam, DO , seorang dokter keluarga di Henry Ford Health System. Jika Anda tidak mendapatkan cukup air, tinja akan menjadi keras dan menyebabkan sembelit, efek samping yang sering terjadi, disertai sakit perut dan kram.
3. Kulit kusam Dehidrasi muncul di wajah Anda dalam bentuk kulit kering, pucat yang tampak kurang bercahaya dan elastis.

4. Kelelahan Jika Anda tidak mengisi kembali asupan cairan Anda, tingkat energi Anda bisa turun dan Anda bisa mengalami kelelahan dan kabut otak. Jadi, daripada mengambil secangkir kopi, pastikan dulu kebutuhan air bagi tubuh Anda.

5. Pertambahan berat badan Terkadang, orang salah mengira rasa haus sebagai lapar, sehingga membuat mereka makan lebih banyak. Tetapi sebenarnya menurut dr Moghaddam, mereka hanya perlu minum air lebih banyak.

“Kadang-kadang, jika Anda minum segelas air, isyarat lapar akan hilang,” katanya.

6. Mulut menjadi kering Jika Anda tidak mendapatkan cukup air, Anda akan mengalami kekurangan air liur. Hal ini dapat membuat Anda sulit untuk berbicara, menelan bahkan bernapas. Untungnya, ini dapat dengan mudah diatasi dengan minum air putih. Minum air enam sampai delapan gelas per harinya sangat dianjurkan, tetapi jauh di atas atau di luar itu tidak akan membantu Anda, menurut dr Moghaddam.

“Faktanya, minum terlalu banyak air dapat menyebabkan pembengkakan otak dan kelebihan cairan.” kata dr Moghaddam.

Maka dari itu, pastikan untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh, tidak kurang dan tidak lebih, agar Anda tetap sehat.

Sumber : Bisnis

Bayu

Pasien Kasus Aktif Positif COVID-19 di Sleman Menurun

Previous article

Vaksin Efektif Hindarkan Pasien Covid-19 dari Risiko Kematian

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health