News

Kadin DIY Pastikan Vaksinasi Pekerja Gratis

0
vaksinasi jogja
Ilustrasi Vaksinasi

STARJOGJA.COM, Info – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DIY memastikan program vaksinasi bagi pekerja gratis dan tidak dibebankan pada pekerja.

Ketua Program Percepatan Vaksinasi Kadin DIY, Tim Apriyanto mengatakan beredarnya kabar, para pekerja diminta biaya Rp35.000 untuk vaksinasi tidak benar. “Tidak ada biaya untuk para pekerja,” ucapnya, Selasa (27/7/2021).

Dia menjelaskan Rp35.000 tersebut dibebankan pada pengusaha, sebagai wujud gotong royong untuk memikul beban biaya penyelenggaraan vaksinasi.

Baca juga : Dukungan Vaksinasi Covid-19 dari Swasta saat PPKM Darurat Sangat Penting

“Dalam program percepatan vaksinasi ini juga telah disediakan empat armada Micro Bus Mobile Vaksin berkolaborasi dengan Pemda DIY untuk lebih mendekatkan kelompok sasaran melalui akses yang lebih mudah dan terjangkau,” ujarnya.

Pihaknya juga membuka sentra vaksin dengan mengerahkan dua armada Bus ke Gedung Kesenian Gabusan Bantul bagi UMKM dan masyarakat yang didukung oleh Dinas Koperasi dan UMKM DIY. Gotong royong penyelenggaraan vaksinasi ini, harapannya juga bisa menjangkau UMKM dan masyarakat di DIY lebih luas lagi khususnya bagi mereka yang mengalami kesulitan vaksinasi.

Diketahui capaian vaksinasi masal di JEC pada gelombang pertama Minggu (20/6) – Kamis (24/6) total tervaksin sebanyak 28.978 orang dari dunia usaha dan UMKM. Pada gelombang kedua yang telah dilaksanakan mulai dari Jumat (25/7) ditargetkan total sasaran yang akan dicapai adalah sekitar 20.000 orang baik dari dunia usaha maupun UMKM, serta masyarakat umum.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DIY, Aria Nugrahadi mengatakan mendukung upaya percepatan vaksinasi. Terkait biaya yang dibebankan ke pekerja, pihak Dinas telah mengkonfirmasi dan hal tersebut tidak benar.

“Kami telah melakukan konfirmasi, dan perusahaan melakukan klarifikasi bahwa informasi vaksinasi dibebankan pada pekerja tidak benar,” ujar Aria.

Waketum Bidang Organisasi dan Keanggotaan Kadin DIY, Robby Kusumaharta mengatakan sejak awal pandemi Covid-19, Kadin DIY berupaya mendukung penanganan Covid-19 ini, dengan Jogja Economic Resilience for Covid-19 (JERCoViD-19).

“Mulai dari gerakan kemanusiaan, advokasi terhadap persoalan, korban Covid-19, dan saat ini menyusun program recovery, termasuk vaksinasi ini,” ujar Robby.

Robby mengungkapkan untuk percepatan vaksinasi ini perlu sistem dan metode. Seperti berkolaborasi antara asosiasi, himpunan dengan pemerintah. “Dengan meningkatkan percepatan vaksinasi, akan lebih mudah mencapai perbaikan ekonomi,” ujarnya.

Sumber : Harianjogja

Bayu

Tol Jogja Solo, Pembebasan di Kadirojo Rp38 Miliar

Previous article

Pasien Kasus Aktif Positif COVID-19 di Sleman Menurun

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News