Kab Sleman

Jumlah Pasien dan Kapasitas Selter Isolasi di Sleman Tidak Sebanding

0
Kasus Covid-19 DIY
Ruang instalasi gawat darurat di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Presiden Joko Widodo yang telah melakukan peninjauan tempat ini memastikan bahwa rumah sakit darurat ini siap digunakan untuk karantina dan perawatan pasien Covid-19. Wisma Atlet ini memiliki kapasitas 24 ribu orang, sedangkan saat ini sudah disiapkan untuk tiga ribu pasien. ANTARA FOTO/Kompas/Heru Sri Kumoro - Pool

STARJOGJA.COM, Info – Kapasitas selter isolasi di Sleman dinilai tidak sebanding dengan jumlah pasien Covid-19. Hal ini membuat Dinas Kesehatan Sleman masih menerapkan isolasi mandiri (isoman) di rumah bagi pasien dengan kondisi dan rumah yang memungkinkan.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Sleman, Novi Krisnaeni, menjelaskan jumlah selter itu kan tidak sebanding dengan jumlah kasusnya.

“Artinya itu tidak mungkin kalau dibawa semua. Mungkin yang tidak memungkinkan isolasi di rumah wajib ke selter,” ujarnya, Rabu (28/7/2021).

Baca juga : Pasien Covid-19 Diminta Isolasi di Selter

Ia mengungkapkan saat ini terdapat sekitar 7.000 pasien yang sedang melakukan isoman. Sementara jumlah selter yang ada di Sleman kapasitasnya tidak sampai sebanyak itu, yang tersebar di Asrama Haji, Rusunawa Gemawang, Unisa, UII dan lainnya.

Selain itu menurutnya selter di tingkat kalurahan dan kapanewon belum semuanya aktif sehingga belum banyak mengakomodir pasien. “Kecuali di masing-masing desa atau bahkan mungkin dusun itu punya selter nah itu baru kemungkinan bisa,” katanya.

Maka sampai saat ini masih diterapkan isoman di rumah jika kondisi pasien tidak bergejala atau bergejala ringan, serta fasilitas rumah memadai seperti kamar tidur dan kamar mandi terpisah dengan anggota keluarga lainnya.

Ia memastikan pasien isoman dipantau oleh tim tracer dari puskesmas terdekat.

Sumber : Harianjogja

Bayu

Kevin Marcus Gagal ke Babak Semifinal Olimpiade

Previous article

25 Warga DIY yang Isoman Tak Bisa Dikontrol

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman