News

203 Tempat Tidur Disiapkan di Hotel Mutiara

0
paket hotel diy
Ilustrasi hotel (Bisnis)

STARJOGJA.COM, Info – Pemda DIY menyiapkan 203 tempat tidur di Hotel Mutiara I dan Hotel Mutiara II yang saat ini dalam proses untuk disulap menjadi selter Covid-19. Hotel ini urung jadi rumah sakit darurat, selain karena keterbatasan tenaga kesehatan juga berlokasi di jantung Kota Jogja.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan menjadikan Hotel Mutiara sebagai rumah sakit di kawasan Malioboro tidak memungkinkan karena terlalu padat penduduk. Selain itu jumlah tenaga kesehatannya juga terbatas, sehingga yang memungkinkan adalah tempat isolasi terpusat.

“Total ada sekitar 203 bed atau tempat tidur di Hotel Mutiara I dan II,” kata Baskara Aji.

Baca juga : Hotel Mutiara Malioboro Jadi Selter Covid-19

Selter tersebut juga akan dilengkapi dengan petugas medis seperti dokter, ahli gizi, perawat untuk memantau pasien. Upaya yang dilakukan tersebut untuk menampung pasien-pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumah, sementara rumahnya tidak memenuhi syarat untuk isolasi.

Menurut Aji, saat ini masih ada sekitar 28.000an pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri. Nantinya pasien yang menjalani isoman akan diminta untuk pindah ke selter untuk mengurangi resiko penularan kepada anggota keluarga lainnya.

Satuan Tugas Khusus (Sagasus) isoman mulai bertugas dengan menghubungi puskesmas untuk mendapatkan data pasien Isoman. Pasien yang isoman akan dihubungi oleh tim, “Tim mendampingi isoman rujuk isoter [isolasi terpusat] bagi yang memerlukan rumah sakit dan rumahnya tidak memenuhi syarat diajak ke isoter,” ujar Aji.

Lebih lanjut Baskara Aji mengatakan tim pemantauan isoman tersebut akan berbarengan dengan pengantaran obat bagi pasien Isoman yang dilakukan oleh TNI, karena petugas pemantauan isoman juga tim medis dibawah kendali Korem 072 Pamungkas.

Total anggota medisnya adalah relawan yang direkrut oleh TNI sehingga diharapkan dapat mendampingi pasien yang sedang menjalani isoman. Namun ketugasannya juga tetap berkoordinasi dengan puskesmas, “Datanya dari wilayah puskesmas yang akan dihubingi satgas penebalan nakes,” ujarnya.

Baskara Aji menambahkan, sejauh ini rumah sakit darurat yang sudah siap adalah University Club UGM, arama mahasiswa UGM Karanggayam. Keduanya dibawah pengampu Rumah Sakit Akademik UGM. Selain itu Gedung Diklat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Ngeksigondo Jogja yang dijadikan rumah sakit darurat dibawah pengampu Rumah Sakit Bhayangkara.

Sumber : Harianjogja

Bayu

Kasus Demam Berdarah Dengue di Bantul Menurun, Masyarakat Tetap Waspada

Previous article

Alat Pengusir Burung Tenaga Surya Ala Mahasiswa UNY

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News