Health

Alasan Epidemiolog PPKM Level 4 Masih Perlu Dilakukan

0
DIY PPKM Level 3
PPKM Darurat FOTO : Humas Polda DIY

STARJOGJA.COM, Info – Melihat kondisi Indonesia saat ini Pandu Riono epidemiolog UI mengatakan PPKM level 3 dan 4 masih perlu dilanjutkan. Menurutnya, hal itu mengacu pada belum adanya indikasi yang meyakinkan dapat dilonggarkan upaya restriksi pembatasan aktifitas penduduk melalui PPKM.

“Semisal 3M masih rendah. Vaksinasi belum meningkat cepat, ada masalah ketersediaan vaksin,” tulisnya di akun twitternya. Dia juga menekankan jika sampai saat ini tes lacak isolasi masih lemah. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 akan berakhir hari ini pada hari ini Senin, (9/08/2021).

Berdasarkan peta sebaran yang tercatat di laman covid19.go.id, tercatat sebanyak 3.666.031 kasus terkonfirmasi. Sedangkan, sebanyak 107.096 kasus meninggal. Peringkat pertama kasus terbanyak masih ada di DKI Jakarta disusul Jawa Barat di peringkat kedua.

Baca juga : 2 Fokus Pemkot Jogja di Masa Perpanjangan PPKM Level 4

Sebelumnya diberitakan Bisnis, Pemerintah dikabarkan sedang pempertimbangkan apakah akan melanjutkan atau merelaksasi kebijakan PPKM tersebut. Juru bicara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi, mengatakan saat ini evaluasi-evaluasi terus dilakukan. Evaluasi merujuk ke indikator laju penularan (kasus konfirmasi, perawatan di RS, kematian); indikator respon kesehatan (testing-positivity rate, tracing-kontak erat pada kasus konfirmasi, dan treatment-BOR).

Di samping itu, pemerintah menggunakan indikator tambahan ketiga, yaitu kondisi sosial-ekonomi masyarakat. Namun saat ini, pertimbangan lainnya ikut muncul, yakni kondisi kasus di luar Jawa-Bali yang justru tengah menanjak.

Sumber : Bisnis

Bayu

Pasokan Vaksin di Bantul Tidak Lancar, Kendala Target Vaksinasi

Previous article

Menikah dengan Sahabat Seperti Lionel Messi, Ternyata…

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health