Kab Bantul

Dispar Bantul Pastikan Ritual Malam 1 Suro di Obyek Wisata Ditiadakan

0
malam 1 Suro
Ilustrasi Mubeng beteng

STARJOGJA.COM, Info – PPKM Level IV membuat Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul pastikan seluruh kegiatan ritual pergantian 1 Muharram (malam 1 Suro) di sejumlah obyek wisata utamanya pantai selatan ditiadakan.

“Jadi seluruh kegiatan atau ritual menyambut 1 Suro yang biasanya berlangsung di pantai selatan ditiadakan. Karena memang masih diberlakukan PPKM level IV,” kata Kepala Seksi (Kasi) Promosi dan Pelayanan Informasi Wisata, Dispar Bantul, Markus Purnomo Adi, Senin (9/8/2021).

Sebagai gantinya, lanjut Markus, masyarakat di sekitar pantai selatan Bantul memilih menggelar doa bersama di Pendopo Pantai Goa Cemara, Senin (9/8/2021) malam. Doa bersama ini, sebagai ganti ritual yang biasa digelar di Pantai Parangkusumo, ritual Mahesa Suro dan sedekah Goa.

Baca juga : Malam 1 Suro , SAR Parangtritis Minta Pengunjung Waspadai Gelombang Tinggi

Lebih lanjut Ipung, panggilan akrab Markus, menyatakan pihaknya akan melakukan pengetatan penjagaan dengan melibatkan Dinas Perhubungan, Satpol PP, Polres dan Kodim Bantul di TPR Pantai Parangtritis. Petugas tersebut nantinya akan menghalau wisatawan ataupun warga yang hendak melakukan ritual pergantian 1 Muharram.

“Hanya warga sekitar yang boleh lewat. Selain itu, tradisi nguras enceh di Imogiri juga digelar hanya untuk internal saja. Wisatawan atau warga yang akan ikut, tidak diperbolehkan,” ucap Markus.

Sumber : Harianjogja

Bayu

HUT RI, The Manohara Hotel Yogyakarta Tawarkan Promo Spesial

Previous article

Suntikan Dosis Ketiga Tenaga Kesehatan Gunungkidul, Jumlah Masih Didata

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul