Health

Bantul Resmi Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil

0
lahir Prematur

STARJOGJA.COM, Info – Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul resmi memulai vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil, Jumat (13/8/2021), di Puskesmas Bambanglipuro.

Diharapkan dengan mulai disuntikkannya vaksin Sinovac kepada ibu hamil, maka tingkat kematian dan paparan Covid-19 untuk ibu hamil dan bayi akan semakin berkurang.

Kepala Puskesmas Bambanglipuro Tarsisius Glory mengatakan, vaksinasi untuk ibu hamil dilakukan setelah ia mendapatkan Surat Edaran dari Kementrian Kesehatan. Selain itu ada rekomendasi dari sejumlah pihak jika vaksin untuk ibu hamil aman.

“Selain itu, ibu hamil ini kan punya risiko paling besar terpapar Covid-19. Dengan vaksinasi ini diharapkan mampu melindungi ibu dan sang bayi,” katanya, Jumat (13/8/2021).

Mengenai ibu hamil yang bisa divaksin, Glory menyatakan harus memiliki usia kehamilan 11 sampai 33 minggu, belum pernah terpapar Covid-19. Namun, jika pernah terpapar Covid-19 harus sudah 3 bulan dari saat ibu hamil itu sudah dinyatakan negatif Covid-19. Ibu hamil yang divaksin juga harus sehat, bukan kontak erat dan tidak menjalani isolasi mandiri.

Baca juga: Menaker : Ibu Hamil atau Menyusui Bekerja dari Rumah

“Dan di Bambanglipuro ini ada sekitar 300an ibu hamil, tapi yang masuk kriteria sekitar 130 ibu hamil. Nanti kami screening lagi saat akan divaksin,” lanjut Glory.

Sementara dari hasil screening dari target sebanyak 70 ibu hamil yang divaksin, Jumat (13/8/2021), Glory menyatakan ada 30 ibu hamil yang sudah divaksin. “Sisanya akan kami lanjutkan besok. Karena kami memang vaksinasi kami gelar hari ini dan besok,” jelas Glory.

Meski demikian, Glory memastikan vaksinasi ibu hamil akan tetap dilakukan saat memeriksakan kehamilan di puskesmas. Karena akan ada penjaringan terhadap ibu hamil yang belum divaksin.

“Untuk yang telah menerima dosis pertama hari ini, maka dosis kedua akan diberikan empat pekan lagi, karena kami pakai vaksin Sinovac,” ucap Glory.

Kasi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Bantul Karjiyem mengatakan ada sebanyak 15.000 ibu hamil di Bantul. Dari jumlah tersebut, akan dilakukan vaksinasi secara bertahap.

“Untuk tahap pertama, bulan ini sekitar 6.000 ibu hamil yang akan kami vaksin bulan ini,” ucap Karjiyem.

Sumber : harianjogja

155 Orang Telah Terkena Virus Marburg dari Afrika Barat

Previous article

Kemadang Usul Menjadi Kalurahan Tangguh Tsunami Internasional

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health