News

Pemda DIY Mulai Fokus Kerumunan di Perkampungan

0
perkampungan
Petugas gabungan dari Dinas Perhubungan, TNI, Polri dan Satpol PP DIY menghentikan dan mendata pengendara kendaraan berpelat nomor luar DIY di posko perbatasan di Tempel, Sleman, Sabtu (11/4/2020).-Harian Jogja - Desi Suryanto

STARJOGJA.COM, Info – Pemda DIY melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) akan terus meningkatkan pengawasan di perkampungan untuk menekan angka penularan Covid-19, karena mobilitas untuk perkotaan dan ruang publik sudah mulai berkurang.

Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad mengakui masih banyak kerumunan di perkampungan seperti dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, misalnya kerja bakti, hajatan, dan layatan. Fakta penularan kasus terkonfirmasi Covid-19 juga berasal dari lingkup keluarga dan tetangga.

Pihaknya sudah mengerahkan satgas penanganan Covid-19 sampai level bawah, “Ada satgas tingkat RW, tingkat pedukuhan, ada kelompok Jaga Warga bisa saling mengawasi,” kata Noviar, Kamis (12/8/2021).

Baca juga : Cegah Covid-19, Mahasiswa UGM Kembangkan Alat Deteksi Kerumunan

Selain pengawasan kerumunan di perkampungan, Satpol PP juga kembali melakukan pengawasan di sejumlah obyek wisata. Karena pihaknya masih menemukan wisatawan yang masuk ke obyek wisata meski obyek wisata sudah ditutup selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4.

“Seperti yang terjadi saat malam Suro [malam 1 Muharam] pada masuk lewat jalur tikus, tapi yang di dalam sempat dibubarkan,” ujar Noviar. Menurut dia, banyak orang yang masuk kawasan wisata Parangtritis tersebut untuk melaksanakan ritual malam Suro meski sudah ada larangan selama PPKM Level 4, kecuali warga yang memang tinggal di sana.

Pihaknya juga sempat meminta wisatawan untuk putar balik kembali, namun masih ada yang masuk lewat jalur tikus. Akan tetapi kerumunan di kawasan Parangkusumo tersebut dibubarkan oleh petugas.

Sumber : Harianjogja

Lokasi Sentra Vaksinasi di Kota Jogja

Previous article

Pemakaman, Tempat Warga Diperbolehkan Merokok

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News