Kab Bantul

Agrowisata Bukit Dermo Selopamioro Jadi Ikon Wisata Bantul

0
ilustrasi wisata alam

STARJOGJA.COM, Info – Pembangunan kawasan agrowisata Bukit Dermo, Selopamioro terus digodok. Rancangan detail engineering design (DED) yang telah selesai menunjukan Bukit Dermo bakal memiliki fasilitas fisik penunjang agrowisata.

Sekretaris Dinas Pariwisata Bantul Annihayah menerangkan pembangunan agrowisata Bukit Dermo akan diajukan di tahun anggaran 2022. Pembangunan bakal menggunakan dana alokasi khusus (DAK).

“Tahap pertama kami mengajukan Rp24 miliar dari total RAB DED Rp44 miliar,” katanya, Jumat (13/8/2021).

Baca juga : Melihat Wisata Bukit Paralayang Watugupit Gunungkidul

“Bentuknya semacam ikon baru pariwisata. Selama ini Bantul identik dengan pantai dan kami jadikan Bukit Dermo ini ikon baru yang mengutamakan view pemandangan alam pertanian,” terangnya.

Dalam rencana pembangunannya, Bukit Dermo akan punya sejumlah fasilitas fisik pendukung pariwisata. Mulai dari sky bridge, viewing deck, amphitheater, outdoor gym, foodcourt hingga los produk lokal Bantul. Sejumlah fasilitas yang ada bakal mendukung berbagi kegiatan kebudayaan, olahraga, jip touring hingga pelestarian kawasan.

Bangunan rain catchment berupa tiang lampu dengan corong besar penampungan air menjadi salah satu ikon dari kawasan Bukit Dermo baru. Bentuknya yang melingkar dan berjumlah lima pas dengan singkatan Dermo atau Bunder Limo.

“Water torrent atau penampung air yang berbentuk lampu kalau malam hari kelap-kelip bagus sekali. Itu untuk tiga fungsi, gardu pandang, menyimpang air, juga estetikanya itu untuk selfie,” ungkapnya.

Pada tahap pertama pembangunan fisik, Annihayah memaparkan akan dilakukan pemadatan tanah hingga pembuatan pintu masuk. Selain itu pemasamgan sejumlah signage wisata, tempat parkir dan bangunan utama pun bakal dilakukan pada tahap pertama.

Dari total 30 hektare kawasan agrowisata, 2,7 hektare merupakan luas bangunan dan sisanya pendukung kawasan perkebunan buah-buahan.

“Target selesai 2023. Insyallah mulai 2022, ini kalau goal pendanaannya,” pungkasnya.

Sumber : harianjogja

Kelurahan di Kota Jogja Mendapat Danais Penanggulangan Covid-19

Previous article

Sadar Pitulungan dari Yang Maha Kuasa

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul