Kota Jogja

Pemkot Jogja Targetkan Vaksinasi Selesai Oktober 2021

0
Booster vaksin Covid-19
sultan di vaksinasi di Sardjito (Harianjogja)

STARJOGJA.COM, Info – Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja menargetkan vaksinasi 100 persen warganya selesai pada Oktober 2021. Menurut Wakil Wali Kota Jogja, sampai pertengahan Agustus ini, sudah lebih dari 374.377 orang di Jogja menerima vaksinasi dosis pertama. Sementara untuk dosis kedua sebanyak 152.448 orang. Jumlah ini sudah melampaui sasaran dari pemerintah pusat sebanyak 296.420 orang. Namun dari jumlah dosis pertama tersebut, 60 persennya merupakan warga ber-KTP luar Kota Jogja yang berkegiatan di Jogja. Sementara untuk warga Kota Jogja baru 40 persen yang telah tervaksin.

Saat ini Pemkot Jogja bisa menyuntikkan vaksin sebanyak 6.500 dosis perhari. “Sekarang ini, mulai Juli 2021 ini kami memang sudah memfokuskan bagaimana agar seluruh warga Kota Jogja kami percepat proses vaksinasinya. Makanya harapan kami bulan Oktober ini seluruh warga kota sudah tervaksinasi semuanya,” kata Heroe, Sabtu (14/8/2031). “Ini dengan asumsi stok vaksinnya lancar.”

Baca juga : Lokasi Sentra Vaksinasi di Kota Jogja

Sebelumnya, Pemkot Jogja menargetkan pada Hari Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021 ini, warga Jogja yang tervaksin sudah 70 persen. Namun hal ini tidak tercapai lantaran stok vaksin yang sempat terhambat. Saat ini stok vaksin berangsur lancar.

Baca juga :

Berbagai upaya percepatan vaksinasi Pemkot Jogja lakukan, termasuk dengan membuka sentra-sentra vaksinasi. Menurut Pelaksana Tugas Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum Pemkot Jogja, Kris Sardjono Sutedjo, ada penambahan tiga lokasi sentra vaksinasi di XT-Square, PDAM Tirtamarta, dan Ngabean.

Sentra vaksinasi di XT-Square sudah mulai beroperasi. Kapasitas vaksinasi dalam sehari bisa melayani sekitar 1.000-1.200 dosis per hari. Kapasitas yang sama juga diproyeksikan di sentra vaksinasi PDAM Tirtamarta yang mulai beroperasi hari ini, Senin (16/8/2021).

“Untuk di Ngabean belum dioperasionalkan. Masih dalam tahap persiapan,” kata Kris.

Penambahan sentra vaksin menjadi upaya percepatan vaksinasi yang juga tetap berlangsung secara reguler. Vaksinasi secara reguler berada di 18 puskesmas, 13 rumah sakit, dan dua klinik. Selain itu adapula vaksinasi massal di sekolah-sekolah, Rukun Warga, dan beberapa dari organisasi masyarakat.

“Warga yang ingin mengakses layanan vaksin harus melakukan pendaftaran terlebih dulu melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS). Pendaftaran vaksinasi di Kota Jogja sudah dilakukan satu pintu melalui aplikasi JSS,” kata Kris.

Sumber : Harianjogja

Bayu

Epidemiolog Sebut PPKM Level 4 Jawa Bali Bisa Turun ke Level 3

Previous article

Boneka Edukasi Konservasi Berbasis Teknologi Informasi Buatan UGM

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja