News

Dokumen Naskah Asli Teks Proklamasi Kembali ke ANRI

0
Teks Proklamasi asli
monumen soekarno di aljazair (Wikipedia)

STARJOGJA.COM, Info – Dokumen naskah asli teks proklamasi yang sebelumnya ada di Sekretariat Presiden akhirnya dikembalikan kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada Rabu (18/08/2021). Naskah asli teks proklamasi dihadirkan pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke – 76 di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021).

Berdasarkan keterangan resmi Setkab, proses pengembalian naskah asli Teks Proklamasi tersebut dilakukan oleh Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden, Sony Kartiko dan kepada Direktur Preservasi ANRI Kandar, yang berlangsung di Gedung O, ANRI, Jakarta Selatan.

Baca Juga : Sultan Pimpin Upacara di Gedung Agung

Kegiatan ini turut disaksikan oleh Kepala Biro Umum Sekretariat Presiden Erry Hermawan dan Plh. Kepala Biro Umum ANRI Dipo Winarto.

“Naskah bertulis tangan Proklamator, Ir. Soekarno tersebut dibawa dari tempat penyimpanan di Istana Merdeka menuju ANRI untuk kemudian dilakukan serah terima dan kembali mendapatkan perawatan terbaik,” tulis keterangan resmi Setkab, Rabu (18/8/2021).

Menurut catatan sejarah, naskah asli Teks Proklamasi tersebut diselamatkan dan disimpan oleh seorang tokoh pers dan pejuang kemerdekaan, B.M. Diah. Teks itu kemudian diserahkan kepada Presiden Kedua RI, Soeharto. Kemudian, naskah tersebut diteruskan kepada Menteri Sekretaris Negara 1988-1998, Moerdiono.

Pada tahun 1992, Moerdiono menyerahkan dokumen bersejarah tersebut kepada ANRI untuk disimpan dan dirawat dengan baik hingga saat ini.

Sumber : Bisnis

Bayu

WHO Ingatkan Vaksin Covishield Palsu Beredar

Previous article

Selandia Baru Lockdown Akibat Varian Delta

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News