Health

Kebotakan Bisa Menyebabkan Kecemasan dan Depresi

0
milenial kebotakan

STARJOGJA.COM, Info – Alopesia atau kebotakan ialah kondisi hilangnya folikel rambut, hilangnya batang rambut atau keduanya. Kondisi tersebut bisa menimpa wanita atau pria, dan tentunya membuat rasa percaya diri seseorang berkurang. Dokter spesialis kulit dan kelamin dari ZAP Premiere, Eyleny Meisyah Fitri mengatakan jika kebotakan bisa menyebabkan kecemasan dan depresi.

“Individu dengan alopesia dapat mengalami kehilangan percaya diri, insecurity dan kecemasan, depresi, bahkan social phobia dan paranoid disorder,” ujarnya secara virtual pada acara ZAP Premiere Virtual Media Meet Up, Selasa (31/8/2021).

Eyleny menjelaskan jika secara aspek psikologis penipisan rambut dapat terlihat dan secara kosmetik mengganggu jika terjadi kerontokan sejumlah minimal 50% dari area tertentu. Jutaan individu di dunia merasa bahwa alopesia merupakan masalah yang cukup mengganggu secara personal, sosial, dan juga lingkungan pekerjaan.

Baca juga : Milenial, Waspada Kebotakan Bisa Menimpa Milenial

Hilangnya folikel rambut dapat disebabkan oleh tidak terbentuknya atau pembentukan yang tidak normal, maupun kerusakan dari folikel rambut. Itu bisa disebabkan dari sumber yang dimiliki sejak lahir (kongenital) atau didapat dari faktor lain. Faktor lainnya adalah kerontokan, pencabutan, miniaturisasi, ataupun kerusakan lainnya.

Hair loss atau alopesia yang terjadi dapat bervariasi mulai dari penipisan rambut, hairline recession atau mundurnya garis rambut, hingga botak seluruhnya. Selain di kulit kepala, alopesia juga dapat terjadi di area pertumbuhan rambut lainnya misalnya pada alis, bulu mata, ketiak, atau area kelamin dengan atau tanpa alopesia kulit kepala. Karena memiliki banyak penyebab, maka terapi atau pengobatan disesuaikan dengan masing-masing jenis penyebab alopesia tersebut.

“Hasil maksimal didapatkan dengan pengulangan sesi terapi dan juga kombinasi dengan berbagai modalitas terapi lainnya, misalnya PRP, terapi topikal dan suplementasi jika diperlukan,” tutup Eyleny.

Sumber : Bisnis

Bayu

Minum Teh Hijau Cegah Penyakit Batu Ginjal

Previous article

Susahnya Migran dan Pencari Suaka Mengajukan Status Pengungsi di Meksiko

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health