Kab Bantul

Pemkab Siapkan Vaksin bagi Seribu Pelaku Seni Bantul

0
endemi covid-19
Presiden Joko Widodo menyaksikan seniman berkostum Gatot Kaca disuntik Vaksin Covid-19 di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Bantul, Rabu (10/3/2021). - Ist/dok

STARJOGJA.COM, Info – Sekitar 1.000 pelaku seni dan budaya menjadi sasaran pelayanan vaksinasi COVID-19 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, di Pasar Seni dan Wisata Gabusan.

Kepala Dinas Kebudayaan Bantul Nugroho Eko Setyanto saat meninjau pelayanan vaksinasi di Pasar Seni dan Wisata Gabusan Bantul, Selasa, mengatakan bahwa dinas sudah mendata 1.000 pelaku seni dan budaya yang menjadi sasaran vaksinasi dengan dukungan komunitas seni dan budaya.

Menurut dia, pelaku seni dan budaya yang menjadi sasaran vaksinasi antara lain anggota kelompok kesenian ketoprak, karawitan, serta anggota Persatuan Pedalangan Indonesia.

Baca juga : Alasan Pelaku Seni Kulon Progo Dapat Tampil

“Tidak sebatas bagi warga Bantul saja, tapi ini berlaku bagi pelaku seni dan budaya yang berkarya dan tinggal di Bantul. Kita tidak membatasi NIK (Nomor Induk Kependudukan) dari mana, tetapi ketika mereka berkarya di Bantul boleh vaksin di sini,” katanya.

Nugroho mengatakan, pelaku seni dan budaya yang berkarya di Bantul jumlahnya ribuan namun sebagian sudah menjalani vaksinasi dengan fasilitas dari Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan instansi yang lain.

“Kalau seniman budayawan banyak, tetapi di dalam pendataan ternyata sudah banyak yang vaksin, sehingga kemarin kita sempat perpanjang pendaftaran vaksinasi karena kuota seribu orang belum penuh, tetapi akhirnya ada 1.200-an lebih pendaftar,” katanya.

Karena kuota vaksinasi sudah ditetapkan 1.000 orang, ia menjelaskan, 200 pelaku seni dan budaya yang sudah mendaftar belum bisa memanfaatkan pelayanan vaksinasi yang digelar di Pasar Seni dan Wisata Gabusan.

“Pelaku seni budaya yang datang ke sini untuk vaksin mereka yang sudah terdata, dan pelaksanaannya kita atur jam-nya, setiap jam maksimal 200 orang supaya tidak terjadi kerumunan,” katanya.

Sumber : Antara

Bayu

39 Juta Rakyat Indonesia Sudah Mendapat Suntikan Dosis 2 Vaksin Covid-19

Previous article

Pemda DIY Realokasikan Rp418,35 Miliar untuk Covid-19

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul