Pendidikan

UGM Luncurkan Beasiswa Dato’ Dr. Low Tuck Kwong

0
perkuliahan publik ugm
UGM antivirus covid-19 (Humas UGM)

STARJOGJA.COM, Info – Universitas  Gadjah Mada (UGM) menyelenggarakan peluncuran beasiswa Dato’ Dr. Low Tuck Kwong secara daring, Sabtu (18/9). Acara digelar sebagai bentuk pelaporan dan pertanggungjawaban UGM kepada Dato’ Dr. Low Tuck Kwong, pendiri Bayan Resource  yang telah memberikan donasi sebesar Rp 50 Miliar untuk beasiswa pendidikan.

Kesepakatan pemberian dana abadi untuk beasiswa pendidikan bagi mahasiswa UGM tertuang dalam nota kesepahaman pada puncak peringatan Dies Natalis UGM ke-71 pada 19 Desember 2020. Penyampaian donasi menjadi perwujudan komitmen Dato’ Dr. Low Tuck Kwong dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan bentuk dukungan terhadap tri dharma perguruan tinggi.

Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU., ASAN Eng., UGM menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan terhadap Dato’ Dr. Low Tuck Kwong atas kedermawanan yang luar biasa membantu pendidikan mahasiswa UGM. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Yayasan Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) yang telah mengkoordinir pemberian donasi Dato’ Dr. Low Tuck Kwong untuk dikelola UGM.

Baca juga : Kini Meraih Beasiswa Bisa Lewat Aplikasi

“Ini sungguh luar biasa, dari donasi Rp. 50 M sebagai dana Abadi UGM dapat untuk memberikan beasiswa bagi mahasiswa UGM,” terangnya.

Panut menyampaikan donasi tersebut didonasikan sebagai Dana Abadi UGM yang menjadi bagian dari Program Sahabat UGM dan dikelola oleh UGM di bawah koordinasi Yayasan Purnomo Yusgiantoro Center. UGM menginvestasikan dana abadi tersebut melalui berbagai instrumen yang telah membuahkan hasil sekitar Rp. 2,5 Miliar untuk tahun pertama. Dana tersebut akan segera didistribusikan kepada 311 mahasiswa dari berbagai Fakultas di UGM dalam bentuk beasiswa dalam empat kategori.

Kategori pertama, Prestasi Akademik dan berasal dari ekonomi kurang mampu dialokasikan sebesar Rp 1.512.000.000,00 untuk 180 mahasiswa. Lalu, Prestasi Non Akademik (Ketua UKM/Komunitas Mahasiswa Tingkat Universitas) sebesar Rp 584.000.000,00 bagi 73 mahasiswa.

Berikutnya, Prestasi Non Akademik PBUB Bidang Olahraga dan Seni sebesar Rp 304.000.000,00 untuk 38 mahasiswa. Terakhir, Beasiswa Tugas Akhir sebesar Rp 100.000.000 untuk 20 mahasiswa.Tak lupa Rektor turut mengucapkan selamat kepada mahasiswa penerima beasiswa. Ia berharap dengan beasiswa tersebut mahasiswa penerima beasiswa dapat semakin mantap menjalani studi dan mencetak prestasi yang membanggakan selama belajar di UGM.

“Selamat kepada mahasiswa penerima beasiswa dan harapannya para penerima beasiswa dapat terus meningkatkan prestasi dan memanfaatkan masa studi dengan menimba ilmu sebanyak-banyaknya di UGM serta mencari pengalaman di luar kampus melalui program MBKM,” urainya.

Ketua Umum PYC, Filda C. Yusgiantoro, S.T., M.B.M., M.B.A., Ph.D., mengatakan PYC dipercaya Dato’ Dr. Low Tuck Kwong untuk menjalin kerja sama dengan UGM dalam pemberian beasiswa.

“Kami sangat mengapresiasi UGM karena dana sudah dapat diwujudkan dengan baik melalui peluncuran beasiswa saat ini dan Dato’ Dr. Low Tuck Kwong menyambut baik perkembangan beasiswa UGM hingga hari ini,” katanya.

Filda menyampaikan bahwa Dato’ Dr. Low Tuck Kwong memberikan beasiswa sebagai salah satu kontribusi dalam dunia pendidikan Indonesia, terutama guna membantu mahasiswa yang mengalami kendala finansial. Melalui beasiswa ini diharapkan bisa membuat mahasiswa lebih fokus menuntut ilmu tanpa mengkhawatirkan masalah perekonomian.Ditambahkan Filda, beasiswa pendidikan menjadi salah satu faktor penting dalam mendukung pendidikan dan menghasilkan SDM unggul dan berkualitas di Indonesia.

Peningkatan SDM unggul sangat penting, terlebih menghadapi bonus demografi yang  akan diterima Indonesia pada tahun 2030 mendatang. Hal tersebut perlu diiringi dengan peningkatan produktivitas usia produktif. Oleh sebab itu diperlukan SDM yang berkualitas dalam jumlah besar untuk berinovasi dan menjawab berbagai tantangan yang ada.

“Karenanya akses pendidikan yang baik bagi generasi muda sangat diperlukan dan dengan adanya dana abadi ini diharapkan bisa mendukung pendidikan di Indonesia, khususnya UGM,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Dato’ Dr. Low Tuck Kwong, jajaran pimpinan PYC dan UGM serta 311 mahasiswa penerima beasiswa. Penyerahan beasiswa dilakukan secara simbolis oleh Rektor UGM kepada perwakilan mahasiswa.Selain penyerahan beasiswa, turut disampaikan kuliah umum wawasan kebangsaan oleh Prof.Ir. Purnomo Yusgiantoro, M.Sc., M.A., Ph.D., IPU. Ia memaparkan presentasi berjudul Kepemimpinan: Kampus Merdeka dan Industri.

Sumber : UGM

Bayu

Cakupan Vaksinasi Covid-19 Bantul Mencapai 60 Persen

Previous article

2 Pelaku Melempar Bom Molotov Kantor LBH Jogja

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan