Kota JogjaNews

Dishub Periksa Kartu Vaksin Penumpang Bus Pariwisata

0
subsidi angkutan umum
Ilustrasi bus

STARJOGJA.COM, JOGJA – Dishub DIY Akan Periksa Kelengkapan Kartu Vaksin Penumpang Bus Pariwisata. Pemerintah Provinsi DIY melalui Dinas Perhubungan DIY berencana menggelar kembali uji coba pemeriksaan kelengkapan kartu vaksin terhadap penumpang bus pariwisata yang memasuki wilayah DIY di akhir pekan.

Kepala Dishub DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti menuturkan bahwa uji coba itu masih berfokus pada jalur masuk dari arah timur sehingga pelaksanaan tetap di halaman parkir Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, mulai Sabtu (2/10/2021) hingga Minggu (3/10/2021).

“Karena memang dari arah timur kami pandang yang paling banyak masuk bus pariwisata,” kata Dwipanti.

Menurut dia, uji coba tetap dilanjutkan guna memastikan seluruh wisatawan yang masuk ke wilayah DIY telah tervaksin.

Pada pekan depan, Made menargetkan pemeriksaan sudah berjalan optimal seiring dengan evaluasi yang terus-menerus sehingga pelaksanaannya bisa bersamaan dengan kabupaten/kota di simpul-simpul yang lain.

“Minggu depan bersama kabupaten/kota kami sudah masuk di titik-titik simpul yang di terminal-terminal,” katanya.

Sejumlah terminal yang akan menjadi titik simpul pemeriksaan ke depan, yakni Terminal Giwangan (Kota Yogaykarta), Terminal Dhaksinarga, dan Terminal Semin (Gunung Kidul), Terminal tipe C di Wates (Kulon Progo), kemudian di Palbapang dan Imogiri (Bantul) serta Terminal Jombor (Sleman).

Sebelumnya, dalam uji coba pemeriksaan pada hari Sabtu (25/9) dan Minggu (26/9) di halaman parkir Bandara Adisutjipto Yogyakart, Dishub DIY telah memutar balik sebanyak 10 bus pariwisata dari luar daerah karena tidak lolos uji coba pemeriksaan kartu vaksin.

Ia meyakini pemeriksaan kartu vaksin bus pariwisata dapat berkontribusi mencegah peningkatan kasus COVID-19 di DIY sebab para wisatawan asal luar daerah telah memperoleh suntikan vaksin.

“Kami juga berharap bus-bus pariwisata yang nantinya lolos pemeriksaan tetap mengikuti aturan yang berlaku. Objek wisata yang bisa dikunjungi hanya yang telah dibuka oleh pemda,” katanya.

Sumber : Antara

Tol Jogja Solo Trase Gamping-YIA Dibangun Awal

Previous article

Vaksinasi Ditarget Rampung Bertepatan dengan HUT Jogja

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja