Flash InfoLifestyle

Ini Tips ciptakan suasana libur akhir tahun di rumah saja

0
Libur akhir tahun
liburan ilustrasi

STARJOGJA.COM, LIFESTYLE – Libur akhir tahun sudah di depan mata, kendati demikian masih banyak orang yang enggan berlibur atau berkerumun dan memilih untuk tetap di rumah saja.
​​​
Entah karena takut tertular COVID-19 atau sedang ingin menghemat biaya pengeluaran.

Namun dengan mengubah rutinitas dan suasana di dalam rumah dapat menciptakan sensasi berlibur pada akhir tahun nanti meski dilewatkan tanpa bepergian, kata psikolog.

“Sebenarnya memang liburan tidak harus keluar, tapi kita bisa ciptakan suasana yang santai dan beda dari rutinitas sehari-hari,” kata psikolog Rininda Mutia dari Universitas Indonesia saat dihubungi oleh ANTARA.

Untuk orangtua yang ingin menciptakan suasana libur akhir tahun yang menghibur bagi buah hati walau liburan dirayakan di rumah saja, Rininda menyarankan untuk membuat kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama.

Kegiatan itu sebaiknya hal yang tidak pernah atau jarang dilakukan. Sebagai contoh, kemping di halaman rumah dan membuat barbeque atau membakar jagung agar betul-betul serasa seperti di perkemahan.

“Tidurnya nanti tetap di tenda walaupun sebenarnya ada kamar,” katanya.

Banyak ide lain yang bisa dicoba agar penghujung Desember di rumah terasa seperti sedang liburan di luar kota. Anda bisa mengajak seluruh anggota keluarga untuk berkaraoke, menyibukkan diri di dapur dengan membuat kue, atau bermain board game.

Mengajak anak ke tempat-tempat baru akan memberinya wawasan yang lebih luas. Pandemi memang menjadi kendala dalam bepergian ke berbagai tempat karena orang-orang diimbau untuk tidak melakukan perjalanan demi meminimalisasi risiko penyebaran virus corona.

Di sisi lain, tantangan ini sebaiknya dijadikan orangtua sebagai cara mengasah kreativitas dalam menyisipkan pengetahuan-pengetahuan baru kepada anak tanpa harus ke luar rumah.

Ajak anak untuk mencicipi makanan baru, belajar bahasa lain, mendengarkan lagu-lagu berbahasa lain, melihat cara berpakaian orang-orang di daerah atau negara lain atau memahami kebiasaan-kebiasaan unik yang berlaku di berbagai tempat.

“Intinya mengenalkan bahwa ada orang lain yang punya budaya berbeda bisa membuka wawasan anak. Jangan lupa, orangtua juga perlu mengedukasi bahwa berbeda itu tidak apa-apa. Meskipun beda tetap bisa dijalani dan dinikmati bersama,” papar dia.

Anda juga bisa mengajak anak mengobrol dengan orang-orang dari berbagai latar belakang lewat panggilan video. Itu cara libur akhir tahun di rumah saja.

HKSN Momentum Perkokoh Solidaritas Indonesia

Previous article

Sultan Larang Tahun Baru 2022 dengan Berkerumun

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info