Techno

Cek Layanan Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile JKN

0
aplikasi mobile jkn

STARJOGJA.COM, Info – Mobile JKN merupakan aplikasi berisi informasi kepesertaan maupun layanan administrasi JKN-KIS yang bisa diakses oleh Peserta JKN-KIS. Aplikasi mobile JKN menjadi panduan bagi para peserta BPJS Kesehatan dalam memenuhi kebutuhan kesehatannya. Dedy Setyawan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Sleman mengatakan aplikasi mobile JKN ini memiliki fitur yang cukup komplit bagi peserta BPJS Kesehatan mendapatkan layanan kesehatan.

“Ini kayak kitabnya, ada panduan disitu yang paling seru itu bisa melakukan perubahan data dan faskes. Pindah domisili maka faskes bisa berubah, maka ini bisa ganti disini. Bisa konsultasi juga di faskes. Lewat fitur chat konsultasi,” katanya di 101,3 Star FM 9 Desember 2021.

Dedy mengatakan melalui aplikasi mobile JKN ini maka saat penggantian faskes tidak perlu datang ke kantor tinggal login saja. Semua kebutuhan layanan kesehatan bisa dilakukan secara online di aplikasi ini.

Baca juga : Layanan Mobile JKN Makin Diminati

“Fitur muncul menu ubah data, ubah faskes. Ada juga fitur pembayaran, bisa cek riwayat pembayaran, bisa mengetahui bulan mana saja yang belum dibayarkan, bisa dilihat disitu,” katanya.

Ada lagi Fitur Obat Ditanggung, Dedy menjelaskan fitur ini bisa mengetahui kandungan obat generik dll. Namun yang perlu digaris bawahi jadi seandainya penanggung jawab di RS memberikan resep di luar ini maka ini menjadi tanggungan RS dan bukan tanggung jawab ke peserta.

“Jika ada bayar, dibuktikan dengan kwitansi lalu lapor ke kami. Kalau memang pasien tidak salah maka nanti ada pengembalian dari rumah sakit,” katanya.

Sementara itu Shelly Pheny BPJS Kesehatan Kantor Cabang Sleman mengatakan fitur layanan ini bisa diakses dengan mendownload aplikasi terlebih dahulu. Setelah itu maka peserta perlu menyiapkan kartu JKN dan KTP untuk melakukan registrasi mobile jkn.

“Nanti akan dapat nomor verifikasi kode otp kalau sudah terdaftar baru bisa login langsung aktif digunakan mobile jkn. Manfaat mobile jkn ada kartu digital,” katanya.

Aplikasi mobile JKN ini ada menu ketersediaan tempat tidur untuk mengetahui ketersediaan tempat tidur di rumah sakit sehingga  peserta sudah memiliki infonya sebelum menginap. Lalu ada menu konsultasi dengan dokter.

“Konsultasi itu ke dokter umumnya. Klik nama dokternya lalu tulis keluhkan apa saja. Nanti dokter akan menjawab sesuai keluhan peserta. Disini gratis semua,” katanya.

Shelly berpesan jika ingin mengajukan pertanyaan terkait layanan mobile jkn maupun layanan BPJS Kesehatan ini bisa melalui care center di nomor 165 atau nomor wa 081326824646.

Bayu

Autodebet Cara Mudah Pembayaran BPJS Kesehatan

Previous article

Sleman Susun Raperda Penyelenggaraan Perizinan Daerah

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Techno