News

UMKM Talks dengan Cokelat nDalem, Strategi Cokelat Bertahan di Masa Pandemi

0
Cokelat Ndalem
Cokelat nDalem berbagi cokelat kepada tenaga kesehatan (cokelat nDalem)

STARJOGJA.COM, Info РYogyakarta memiliki produk cokelat yang semua bahannya diambil dari lokal Yogyakarta namanya Cokelat NDalem. Meika Hazim Owner Cokelat Ndalem mengatakan memulai usahanya di tahun 2013 dan ada ada lima brand yaitu tanda hati,  Chobio, Boen Beans Chocolate,nDalem Flavoured Chocolate dan OUI Chocolate.

“Sebentar lagi ulang tahun di tahun 2022 bulan Maret itu 9 tahun,” katanya di UMKM Talks Star ¬†101,3 FM.

Meika mengatakan produk yang bagus adalah yang dibeli konsumen, tetapi perlu juga membuat produk yang berkualitas.

Baca juga : Cokelat nDalem, Sepotong Cinta kepada Tenaga Kesehatan

Hal yang penting lainnya adalah packaging, “itu penting seperti love at the first sight, yang dilihat oleh orang. 6 detik pertama itu dari packaging jadi harus ada value dan story sendiri.”

Cokelat Ndalem memasukkan unsur citarasa Indonesia ke dalam coklat dan cerita indonesia disematkan dalam packaging. “benang merahnya selalu dicari, kita punya varian di dark milk, packaging kita gunakan pada batik yang digunakan dalam pernikahan di Jawa. Proses rasa pedas dibungkus wayang yang bicaranya ceplas ceplos, ada yang prajurit kraton ada dalam coklat di produk rasa indonesia rempah, sehingga nantinya anak muda akan bangga sendiri dengan produk sendiri.”

Meika mengatakan potensi Indonesia sangat besar, sehingga sayang jika tidak bisa diproses sendiri. “Kita bikin asli semua dari jogja, biji dari gunungkidul, gula semut dari kulonprogo jadi resourse dari jogja,” kata dosen kewirausahaan UII.

Outlet Cokelat Ndalem ada di Jalan Bhayangkara dan dibuka mulai jam 9 pagi sampai jam 5 sore.

Masa pandemi berpengaruh juga pada usahanya yang bahkan pendapatan menurun hingga 50 persen. Lalu setelah mengalami itu, ia melakukan perubahan strategi.

”Maret memaksa diri untuk jualan online, membuat standar, semua marketplace menjadi official store ini menaikkan bagi konsumen, lalu masuk di international store melalui marketplace dan ada transaksi, dibalik sebuah challenge kita mencari sesuatu, fokus satu satu supaya kita tahu harus bagaimana,” katanya.

 

Lebih Lengkap dengarkan disini

 

Bayu

YIA Perketat Pengawasan untuk Cegah Omicron

Previous article

Mahfud MD Ingatkan Jangan Belajar dari Ustaz Google

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News