News

Album Musik Populer di Tahun 2021

0
dressedlikeparents bandung
Billie Eilish raih empat Penghargaan Grammy (Billie Eilish)

STARJOGJA.COM, Info – Penghabisan waktu 2021, penggemar musik tak mengingat lagu-lagu apa saja yang populer di sepanjang tahun ini. Berikut ini adalah tujuh album musik populer yang dirangkum ANTARA dari berbagai sumber di tahun 2021.

Deretan album ini telah berhasil menarik ribuan hingga jutaan pendengar pada saat hari-hari pertama perilisan. Daftar disusun berdasarkan urutan tanggal perilisan, bukan berdasarkan tingkat popularitas.

1. “Hot Sauce” – NCT Dream

Pada 10 Mei, grup Kpop NCT Dream meluncurkan album studio pertamanya yang bertajuk “Hot Sauce”. Album ini dikeluarkan setelah SM Entertainment memutuskan untuk mengembalikan anggota personel Mark ke NCT Dream kembali dan menghentikan konsep kelulusan berdasarkan usia.

Album “Hot Sauce” terdiri dari sepuluh lagu dengan single utama berjudul sama. Deretan lagu lainnya termasuk lima di antaranya “Dive into you”, “Be There For You”, “ANL”,“Rainbow”, dan “Irreplaceable”.

Debut album serta lagu “Hot Sauce” berhasil menempati posisi teratas di tangga lagu Gaon Digital Chart. Sebelum resmi dirilis, bahkan pra-pesan album ini menembus sekitar 1,7 juta kopi. Hingga akhir Mei, album “Hot Sauce” telah terjual sebanyak lebih dari 2 juta kopi.

Baca juga : Romansa Ke Masa Depan Glenn 25 Tahun Bermusik

2. “Sour” – Olivia Rodrigo
“Sour” merupakan album debut Olivia Rodrigo dirilis pada 21 Mei. Album ini banyak mengeksplorasi berbagai perasaan yang dialami usia remaja, mulai dari patah hati, kegagalan, ketidakbahagiaan, hingga kemarahan.

Debut “Sour” berhasil menempati nomor satu di tangga lagu Billboard 200 dengan 295.000 unit setara album. Selain itu, album ini juga mencetak sejarah baru sebagai album debut pertama yang masuk di puncak tangga lagu Billboard Hot 100 untuk “Drivers License” dan “Good 4 U”.

Single utama “Drivers License” bahkan mampu mempertahankan posisinya di Billboard 100 selama delapan pekan. Sementara debut single “Déjà vu” berhasil mendapatkan peringkat kedelapan di Billboard 100.

3. “Butter” – BTS

​​​​​​​

Album yang dirilis sebagai single digital pada 21 Mei ini berhasil menguasai Gaon Digital Chart di Korea Selatan sejak debutnya. Hingga Juli, album fisiknya telah terjual sekitar 2,5 juta kopi, menjadikannya salah satu album terlaris di negara tersebut.

Di AS, debut lagu “Butter” meraih posisi nomor satu di Billboard Hot 100 pada Juni dan bertahan di daftar Hot 100 hingga September. Lagu ini mengumpulkan setidaknya 32,2 juta streaming dan terjual 242.800 unduhan pada minggu pertama debutnya.

Guinness World Record mengakui pencapaian “Butter” yang telah memecahkan rekor 11.042 juta streaming di Spotify pada hari pertama debutnya, mengalahkan lagu “I Don’t Care” oleh Ed Sheeran dan Justin Bieber yang sebelumnya mendapatkan 10.977 juta streaming di hari debutnya.

4. “Happier Than Ever” – Billie Eilish
Album studio kedua Billie Eilish ini dirilis pada 30 Juli. Debut album ini menempati puncak Billboard 200 selama tiga pekan berturut-turut dan berhasil menembus 238.000 unit setara album di AS. Sementara di Inggris, album ini menduduki nomor satu UK Albums Chart dengan 39.000 unit.

Album “Happier Than Ever” berisi tujuh single, termasuk tiga di antaranya berhasil masuk di 10 besar Billboard Hot 100. Lagu “Therefore I Am” menempati peringkat kedua di tangga lagu tersebut, diikuti oleh “My Future” di nomor 6 dan “Your Power” di nomor 10.

Dalam ajang tahunan Grammy Awards, album dan lagu “Happier Than Ever” mendapatkan tujuh nominasi, di antaranya termasuk kategori album terbaik, album vokal pop terbaik, lagu terbaik, dan rekaman terbaik.

5. “Certified Lover Boy” – Drake

​​​​​​​

Album yang debut pada 3 September ini meraih kesuksesan komersial, menduduki nomor pertama satu di Billboard 200 dengan 613.000 unit setara album atau terdiri dari 46.000 penjualan album dan 562.000 unit streaming.

Album keenam Drake ini juga sukses di Inggris. “Certified Lover Boy” meraih posisi puncak di UK Albums Chart dan 46.000 unit albumnya terjual pada pekan pertama debut. Lagu-lagunya diputar sebanyak 70,4 juta kali atau nyaris setara dengan 96 persen dari penjualan pada pekan pertama. Pencapaian ini menjadikan kali keempat Drake menguasai puncak tangga lagu di Inggris melalui albumnya.

6. “Sticker” – NCT 127

Album yang debut pada 17 September ini berhasil menembus Billboard 200 dengan menempati nomor tiga dan telah menjual 58.000 eksemplar pada pekan pertama. Meski tidak menguasai peringkat pertama, album ini menjadi album K-pop pertama yang masuk di tangga lagu itu selama 12 minggu berturut-turut pada tahun ini.

Di asal negaranya, pra-jual album “Sticker” menembus angka lebih dari 1 juta pemesanan dan meningkat dua kali lipat pada hari debutnya yang terjual sekitar 2,15 juta eksemplar dalam sepekan.

Menyusul kesuksesan album ini, NCT 127 merilis versi repackage yang diberi judul “Favorite” dengan menambahkan tiga lagu baru, termasuk single utama “Favorite (Vampire)”. Album repackage ini terjual sekitar 1,1 juta kopi setelah sepekan dirilis.

7. “30” – Adele

​​​​​​​

Selang 6 tahun merilis album “25”, solois asal Inggris comeback dengan merilis merilis album keempatnya yang bertajuk “30” pada 19 November. Album ini merupakan salah satu album yang paling dinantikan pada tahun 2021 dan berhasil mencapai kesuksesan secara komersial.

Di Inggris, debut album “30” menempati peringkat nomor satu di UK Albums Chart dan berhasil terjual sebanyak 261.000 kopi. Pencapaian tersebut menjadikannya album dengan penjualan tercepat pada pekan pertama debut selama 2021.

Sementara di AS, debut “30” juga menduduki nomor satu Billboard 200 dengan penjualan sebanyak 839.000 unit setara album, termasuk 692.000 salinan murni dan 185,39 juta streaming.

 

Sumber : antara

Bayu

Binda DIY Percepat Vaksinasi Anak di Kulonprogo

Previous article

Bantul Bakoh Menjadi Tema Bantul Award 2021

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News