Kab Sleman

Sleman Siagakan Isoter dan Fasilitas Kesehatan

0
siswa sleman isoter
FOTO : BPBD

STARJOGJA.COM, Info – Meski kasus persebaran Covid-19 di Sleman saat ini relatif landai, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman tetap mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan penambahan kasus seusai libur Natal dan Tahun Baru. Sejumlah tempat isolasi terpusat (isoter) dan fasilitas kesehatan pun mulai disiagakan di Sleman.

Kepala Dinkes Sleman, Cahya Purnama menjelaskan dua isoter di Sleman yang masih aktif dan disiagakan pada awal 2022 ini meliputi Asrama Haji dan Rusunawa Gemawang.

“Kami tetap menyiagakan Asrama Haji dan Rusunawa Gemawang karena kami masih mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus positif Covid-19 di awal 2022,” ujarnya, Senin (3/1/2022).

Baca juga : Pasien Isoman di Sleman Mulai Dibawa ke Isoter

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, peningkatan kasus positif terjadi sekitar 14 hari pascalibur Nataru atau Hari Raya Idulfitri. Oleh karena itu, Dinkes mulai mengantisipasi terjadinya gelombang ketiga Covid-19.

Cahya mengaku banyak belajar dari pengalaman tahun sebelumnya di mana lonjakan kasus positif begitu tinggi, sementara kesiapan penanganan pemerintah dan rumah sakit belum maksimal. Saat ini, ia memastikan bed occupancy rate (BOR) rumah sakit rendah, sehingga ketersediaan masih banyak.

“Peralatan sudah disiapkan. Pengalaman tahun lalu menjadi pembelajaran bagi kami. Harus ada transformasi sistem kesehatan di daerah, yakni layanan primer di puskesmas untuk memperkuat fungsi preventif. Layanan sekunder di rumah sakit juga diperkuat. Faskes harus dikembangkan kapasitas dan kapabilitasnya,” katanya.

Covid-19 di Sleman saat ini terkendali. Berdasarkan data penambahan per hari, rata-rata penambahan di bawah lima kasus. Untuk kasus kematian juga sangat kecil dalam sebulan terakhir.
“Kalau terjadi gelombang tiga mudah-mudahan tidak seberat tahun lalu karena sebagian besar warga sudah divaksinasi sehingga herd immunity sudah tercapai,” kata dia.

Sumber : Harianjogja

Bayu

20.145 Wisatawan Kunjungi Mangunan

Previous article

Rekor Objek Wisata Mangunan Selama Pandemi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman