Flash Info

Tahun 2021 Menjadi Tahun Terpanas Kelima

0
tahun terpanas
Ilustrasi Cuaca Panas

STARJOGJA.COM, Info – Tahun 2021 menjadi tahun terpanas kelima sejak 1979 dalam rekor yang dicatat oleh Copernicus Climate Change Service dari Uni Eropa. Dilansir Bloomberg pada Rabu (5/1/2022), temuan tersebut dipublikasikan oleh ilmuwan iklim Zeke Hausfather melalui Twitter.

Copernicus bakal merilis hasil lengkapnya akhir bulan ini. Sementara itu, data suhu global tambahan akan dirilis dari NASA, NOAA, Badan Meteorologi Inggris Met Office, dan Berkeley Earth, yang mengacu pada catatan yang berasal dari abad ke-19.

Baca Juga : Ternyata Tahun 2020 Menjadi Tahun Terpanas Kedua

Hausfather, peneliti Berkley Earth, mengatakan dalam email bahwa sumber data lain tersebut akan menunjukkan bahwa 2021 berada di peringkat antara lima dan tujuh terpanas. Pada tahun lalu, suhu rata-rata daratan pada Juni-Agustus memang mencapai yang tertinggi.

Namun peristiwa La NiƱa, yang merupakan pola pendinginan sesekali di Samudra Pasifik, tiba pada Oktober dan menyebabkan suhu turun. Pola itu membuat musim dingin lebih ringan di AS bagian selatan sekaligus menjadi penyebab banjir di Indonesia dan Australia.

Kondisi tersebut cukup untuk mendorong suhu rata-rata 2021 turun mendekati 2018 dan 2015, menurut analisis Hausfather terhadap data Copernicus. Tujuh tahun terakhir adalah rekor terpanas. Selain itu, data tersebut juga menunjukkan rekor terpanas sejak 2000 terjadi pada 21 dari 22 tahun terakhir.

Sumber : Bloomberg

Bayu

Mantan Kepala Eijkman Sebut Vaksin Merah Putih Sedikit Terhambat

Previous article

Kasus Covid-19 di DIY Tambah Dua Kasus

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info